Berita Video

VIDEO: Model Jadul, Motor Listrik Ebike Justru Berteknologi Futuristik

"Pada kecepatan tinggi pun jika di rem akan membantu berhentinya motor listrik itu dengan nyaman," terangnya lagi.

VIDEO: Model Jadul, Motor Listrik Ebike Justru Berteknologi Futuristik
Warta Kota/Dwi Rizki
Yulianto Marco (44) memamerkan Ebike di Indonesia Electric Motor Show 2019, Balai Kartini, Setiabudi, Jakarta Selatan pada Kamis (5/9/2019) 

Jauh dari kesan modern dan terkesan lawas, sepeda motor milik Yulianto Marco (44) Ebike yang dipamerkan di Indonesia Electric Motor Show 2019, Balai Kartini, Setiabudi, Jakarta Selatan pada Kamis (5/9/2019) justru berteknologi futuristik.

Sosok sepeda motor yang diberinya nama Ebike itu terlihat di sudut area pameran, jauh dari gemerlap beragam mobil elektrik merek ternama dunia.

Sekilas terlihat, sepeda motor berpedal itu layaknya sebuah sepeda model chopper, tidak ada sebuah mesin yang menempel. Rangka hitam panjang berukuran besar terlihat dominan, bersanding dengan ban hitam berukuran besar.

Sementara, stang sepeda motor berlapis chrome melengkapi mengkilapnya lampu depan LED bulat berukuran besar. Sebuah odometer yang dapat dioperasikan lewat sentuhan tangan atau touchscreen menyempurnakan bagian depan sepeda motor.

Sementara, jok kulit berpegas mirip sepeda onthel terpasang melengkapi sebuah kantong kulit pada batang rangka. Kantong tersebut diketahui merupakan box baterai yang merupakan sumber tenaga sepeda motor.

Walau terlihat lawas, sepeda motor custom yang dibuatnya bersama bengkel sepeda motor custom di Bogor, Jawa Barat itu merupakan inteligent motor kits. Sehingga, sumber tenaga maupun torsi dinamo dapat disesuaikan lewat odometer.

"Bagi penggunanya, dapat di set langsung melalui layar LCD dengan pilihan menu yang tersedia. Nah, kita ambil ini dari sepeda Basman, produk lokal buatan anak bangsa," ungkapnya bangga.

Kemudian, seraya menunjukkan rangka modifikasi berbahan besi dengan diameter yang besar sehingga terlihat dan ada kesan kokoh. Mesinnya dengan menggunakan dinamo elektrik yang berada pada bagian belakang tromol roda sepeda.

"Suaranya pun tidak terdengar, hening, dan tenaga yang dihasilkan dinamo tersebut dapat disesuaikan berdasarkan besaran tegangan listrik, mulai dari 40 - 250 Watt," ulasnya.

Besaran tegangan listrik katanya berpengaruh pada kecepatan motor listrik. Apabila pengendara ingin menempuh jarak jauh, tegangan listrik dapat disetel pada angka 40 Watt, atau sebaliknya untuk mendapatkan torsi besar.

Halaman
123
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved