Handphone Rekondisi

Ribuan Handphone Rekondisi Disita di Tangerang, Polisi Ingatkan Tidak Tergiur Barang Murah

Polres Metro Tangerang Kota menggerebek gudang perakita handphone rekondisi di Ruko De Mansion Blok B 16 dan B 9, Pinang, Kota Tangerang, Kamis (5/9/2

Ribuan Handphone Rekondisi Disita di Tangerang, Polisi Ingatkan Tidak Tergiur Barang Murah
Wartakotalive.com/Zaki Ari Setiawan
Polres Metro Tangerang Kota menyita ribuan handphone rekondisi dari perakitan di Ruko De Mansion Blok B 16 dan B 9, Pinang, Kota Tangerang, Jumat (6/9/2019). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Zaki Ari Setiawan

TANGERANG, WARTAKOTALIVE.COM - Baru-baru ini Polres Metro Tangerang Kota menggerebek gudang perakitan handphone rekondisi di Ruko De Mansion Blok B 16 dan B 9, Pinang, Kota Tangerang, Kamis (5/9/2019).

Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Abdul Karim menjelaskan handphone rekondisi merupakan handphone bekas yang berasal dari barang-barang bekas yang dirakit ulang.

Menurut Karim, handphone rekondisi dapat menjadi sangat berbahaya karena tidak sesuai mutu dari buatan handphone bergaransi resmi.

"Ponsel rekondisi termasuk barang yang berbahaya, sebab barang yang tidak keluar daei qualitu control pabrik tingkat radiasi signalnya beserta konsumsi daya baterainya tidak dapat dipertanggungjawabkan," kata Karim, Jumat (6/9/2019).

Karim pun memberikan satu cara yang dapat menjadi indikasi untum mengetahui apakah handphone yang dijual itu rekondisi.

"Coba raba baterai dengan tangan, jika terasa bergelembung di bagian tengah dapat menjadi ciri-ciri seperti itu tanda-tanda sudah rusak," jelasnya.

Akan tetapi, lanjut Karim, barang rekondisi memang sulit dikenali secara sekilas sehingga butuh ketelitian untuk bisa mengetahuinya.

"Jangan mudah tergiur oleh harga murah. Terkadang barang mhrah biarpun bergaransi ternyata tidak 100 persen baru atau perlengkapannya sudah ditukar. Segel plastik dan kemasan bagus juga tidak menjamin barang yang ada di dalamnya," bebernya.

Dalam penggerebakan itu, diamankan 14 orang yang terlibat dalam pembuatan handphone bekas menjadi baru kembali, empat di antaranya merupakan warga negara asing (WNA) asal Cina.

Ditemukan juga ribuan handphone yang sedang dalam pengerjaan rekondisi maupun yang siap untuk dijual dengan bebagai merek, di antaranya adalah Iphone, Xiao Mi, Oppo, Samsung, dan Nokia.

Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved