Berita Video

VIDEO: Korea Akan Bangun Beberapa Ruas LRT di Indonesia

Korea Rail Network Authority (KRNA), berkerjasama dengan KOTRA (Korea Trade-Investment Promotion Agency) akan menjadi tuan rumah untuk 40 peserta

VIDEO: Korea Akan Bangun Beberapa Ruas LRT di Indonesia
Warta Kota
Ilustrasi Kereta LRT 

Teknologi pereketaapian Indonesia memasuki babak modern dengan kehadiran MRT (Moda Raya Terpadu) dan LRT (Light Rail Transit). Beberapa ruas akan segera dibangun untuk MRT yang kini memasuki tahap 2. Begitu juga LRT.

Selain Jepang, Indonesia juga bekerjasama dengan Korea untuk pembangunan ruas LRT.
Selain membangun, Korea juga memberikan transfer teknologi perkeretaapian.

Untuk ketiga kalinya, Korea Rail Network Authority (KRNA), berkerjasama dengan KOTRA (Korea Trade-Investment Promotion Agency) akan menjadi tuan rumah untuk 40 peserta dari pemerintahan Indonesia, perusahaan Indonesia, dan perusahaan BUMN seperti Kementrian Perhubungan (MoT) dan BPPT.

Kali ini acara akan dilaksanakan selama tiga hari dari 3-5 September 2019 dan memiliki tujuan untuk membagikan pengalaman dari industri perkeretaapian Korea dan untuk mendorong kerjasama kedua negara untuk proyek yang akan datang seperti LRT dan proyek kereta api lainnya.

“Ini adalah kesempatan untuk lebih saling mengenal. Untuk contoh, membagikan teknologi terbaru, skema dari isu keuangan, dan lainnya,” kata Ann Seongseog, Manajer KRNA kepada wartawan di Auditoriun Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Selasa (3/9/2019).

Acara berfokus pada jalur teknologi kereta api, lokalisasi bahan baku lintasan kereta, dan teknologi kereta tanpa masinis, yang penting untuk meningkatkan insfraktuktur di Indonesia.

Selain itu, proses transfer pengetahuan juga bertujuan untuk mengatur keuangan dan segala kegiatan yang berhubungan dengan industri kereta api.

Pada kesempatan itu juga terungkap bahwa di masa yang akan datang, Indonesia dan Korea akan melakukan kerjasama di beberapa proyek seperti LRT Jakarta, kereta api untuk Rahat-Tarahan, LRT Cibubur-Bogor, LRT Medan dan masih banyak lainnya.

Selama ini, KRNA dan KOTRA juga mengoperasikan 13 sekolah perkeretaapian di Vietnam, India,Thailand, Mongolia, bermula di Mesir pada tahun 2014, dengan tujuan untuk transfer teknologi kereta api yang unggul dan pengembangannya dari Korea.

Lee Joongyoon, direktur umum KOTRA Jakarta mengatakan, dimasa yang akan datang, KOTRA akan melanjutkan untuk mendorong kerjasama antara Indonesia dan Korea untuk kemitraan strategis yang lebih dalam antara kedua negara. (Lis)

Penulis: Lilis Setyaningsih
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved