Breaking News:

Kualifikasi Piala Dunia

Akram Mahinan, Jenderal Lapangan Tengah Timnas Malaysia

Pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe, mengandalkan pemain gelandang ini untuk mendikte permainan.

grafis wartakotalive.com
Kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022 zona asia grup G, Indonesia vs Malaysia, Kamis, 5/9/2019, Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta 

Timnas Malaysia akan dipimpin Mohamad Farizal Marlias, sebagai kapten dalam pertandingan kontra Timnas Indonesia, Kamis (5/9).

Hanya saja, Marliaz adalah seorang penjaga gawang sehingga Pelatih Malaysia, Tan Cheng Hoe, memnutuhkan "jenderal" di lapangan tengah. Karena itulah pelatih tersebut memanggil Muhammad Akram Mahinan masuk skuadnya.

Akram Mahinan saat debut bersama Timnas Malaysia di tahun 2015, dalam laga Malaysia vs Oman.
Akram Mahinan saat debut bersama Timnas Malaysia di tahun 2015, dalam laga Malaysia vs Oman. (Twitter/FA Malaysia)

Sebagaimana dilansir New Strait Times (NST), bagi pencinta sepak bola di negeri tetangga tersebut, Mahinan memiliki sebutan "anak emas Tan Cheng Hoe". Masuk akal, Mahinan adalah anak buah Tan sewaktu dia melatih klub Kedah.

Meski pun saat ini keduanya sudah tak lagi di Kedah, Tan melatih skuad nasional sementara Mahinan hijrah ke klub PKNS, namun kerja sama itu di lanjurkan di skuad Harimau Malaya, julukan timnas.

Lalu, mengapa Tan sangat bergantung kepada pemain dengan tinggi badan 1,77 meter itu? Padahal, banyak orang di Malaysia mengritik pilihan Tan tersebut, karena menilai kemampuan pemain ini tidak istimewa.

Menurut NST, Mahinan itu memiliki keuletan dalam melakukan duel merebut bola, dan bisa mendikte jalannya pertandingan.

Pemain posisi gelandang jangkar ini digadang-gadang pandai membaca jalannya permainan, dan mengatur posisi rekan-rekannya untuk menyerang, begitu dia memperoleh bola.

Pemain bernomor punggung 12 ini juga dianggap mahir dalam bertransformasi dari bertahan ke menyerang, dan sebaliknya.

Hanya saja, banyak orang tidak setuju dengan pemanggilan Mahinan, dan kerap mengritiknya. Namun pemain ini tidak ambil pusing.

"Saya hanya fokus bermain untuk tim, dan memastikan instruksi coach berjalan dengan baik di lapangan. Isu-isu di luar itu tidak saya perhatikan, Semua pemain pasti mendapat kritik," katanya sebagaimana dikutip NST.

Untuk pertandingan sore nanti, yang merupakan laga perdana kedua tim di akang Kualifikasi Piala Dunia 2022, Mahinan mengaku berlum pernah bermain Indonesia. Namun dia yakin bisa mengatasi atmosfer permusuhan yang akan ditampilkan suporter tuan rumah.

"Kami datang dengan satu tujuan, memperoleh tiga poin. Saya semangat sekaligus tegang untuk laga ini," imbuhnya.

Pelatih Tan memiliki sejumlah gelandang yang bisa dipasangkannya dengan Mahinan, yakni Brendan Gan, Danial Amier, Nor Azam Azih, dan Syamer Kutty Abba.

Mahinan menyatakan dia siap bermain dengan siapa saja, sebab mereka sudah melatih berbagai kombinasi untuk laga nanti malam.

Penulis:
Editor: AC Pinkan Ulaan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved