Travel

Menanti Sinar Mentari di Ufuk Timur dan Keindahan Candi Borobudur dari Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu mengingatkan salah satu adegan Rangga (diperankan Nicholas Saputra) bersama Cinta (Dian Sastrowardoyo) di film Ada Apa dengan Cinta 2.

Menanti Sinar Mentari di Ufuk Timur dan Keindahan Candi Borobudur dari Punthuk Setumbu
Dokumentasi Bambang E Ros
Candi Borobudur menampakkan diri diantara tebalnya kabut yang menyelimuti kawasan Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (1/9/2019) pagi. Foto diambil dari Punthuk Setumbu atau Bukit Setumbu, Borobudur. 

Homestay Desa Tuksongo, Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (1/9/2019).

Waktu di jam tangan menunjukkan pukul 04.30 WIB. Warga di kampung mulai beraktifitas di pagi hari.

Nanda, pengemudi mobil Elf yang mengantarkan saya dari Yogyakarta ke Borobudur, sudah menunggu di lobi homestay.

Rumah joglo dengan latar-belakang Perbukitan Menoreh di Balkondes Tuksongo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (1/9/2019).
Rumah joglo dengan latar-belakang Perbukitan Menoreh di Balkondes Tuksongo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (1/9/2019). (Warta Kota/Heribertus Irwan Wahyu Kintoko)

Saat banyak teman terlelap nyenyak, saya memutuskan mengajak Nanda menuju Punthuk Setumbu atau Bukit Setumbu yang tidak jauh dari Tuksongo.

Punthuk Setumbu mengingatkan saya pada salah satu adegan Rangga (diperankan oleh aktor Nicholas Saputra) bersama Cinta (Dian Sastrowardoyo) di film Ada Apa dengan Cinta 2 (2016).

Di film drama cinta yang laris-manis saat diputar di bioskop itu, Rangga mengajak Cinta menikmati keindahan pagi di Punthuk Setumbu melalui Gereja Ayam.

Melihat Eksotisme Stupa Candi Borobudur dari Desa Tuksongo yang Ada di Punggung Perbukitan Menoreh

Menikmati Keindahan Borobudur dan Perbukitan Menoreh Sambil Mendengar Musik di Balkonjazz Festival

Mengendarai mobil Elf biru yang memang dikenal kuat menanjak itu, Nanda mulai bergerak menuju Desa Karangrejo di Borobudur. "Jaraknya hanya 20 menitan dari Tuksongo," kata Nanda.

Benar, tidak sampai setengah jam, kami sudah tiba di Desa Karangrejo.

Desa Karangrejo dikenal sebagai desa organik yang memiliki pemandangan alam yang sangat indah dengan nuansa alam yang hijau.

Candi Borobudur menampakkan diri diantara tebalnya kabut yang menyelimuti kawasan Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (1/9/2019) pagi. Foto diambil dari Punthuk Setumbu atau Bukit Setumbu, Borobudur.
Candi Borobudur menampakkan diri diantara tebalnya kabut yang menyelimuti kawasan Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (1/9/2019) pagi. Foto diambil dari Punthuk Setumbu atau Bukit Setumbu, Borobudur. (Dokumentasi Bambang E Ros)

Selain Punthuk Setumbu yang menghadirkan kenangan romantis Rangga dan Cinta, di desa ini juga mempunyai beberapa sumber alam, antara lain Asam Pandawa Lima, Sendanu Widodaren, hingga Sendang Puspitosari dan Punthuk Cemuris.

Halaman
1234
Penulis: Irwan Wahyu Kintoko
Editor: Irwan Wahyu Kintoko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved