Toko Obat Keras Tak Berizin di Kota Bekasi Marak, Pihak Dinas Kesehatan Akui Kurangnya Pengawasan

“Jika kedapatan maka tak segan kami cabut izin apotek itu,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Sumpono Brahma.

Toko Obat Keras Tak Berizin di Kota Bekasi Marak, Pihak Dinas Kesehatan Akui Kurangnya Pengawasan
Warta Kota/Muhammad Azzam
Polres Metro Bekasi Kota menyita ribuan butir obat keras hasil penggerebekan dari enam toko obat di wilayah Kota Bekasi, Selasa (2/9/2019). 

Pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi merasa kecolongan menyusul razia yang dilakukan pihak Polrestro Bekasi ke sejumlah toko obat keras tak berizin di wilayahnya.

Hasilnya, dari enam toko obat ilegal itu didapatkan puluhan ribu butir obat keras.

“Kami engga bisa awasi menyeluruh, maka dari itu kami minta masyarakat segera laporkan ke Dinkes dan Polisi jika menemukan toko obat tak berizin,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Sumpono Brahma, kepada Wartakotalive.com, Selasa (3/9/2019).

Sumpono menjelaskan dahulu untuk mengawasi toko obat ilegal ada Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengawasan Obat dan Makanan (UPTD POM). Namun, per 2012 ini sudah tidak ada lagi.

Sehingga saat ini pengawasan peredaran obat berada di Bidang Farmasi dan Alat Kesehatan (Farmalkes) berada di Dinas Kesehatan Kota Bekasi.

“Tugas kita jadi tambah, padahal kita kan masih banyak tugas lainnya,” ucap dia.

Ia menjelaskan ketika masih ada UPTD POM, instansi itu rutin melakukan pembinaan maupun pengecekan sarana kefarmasian serta produk obat dan makanan.

“Sekarang kita juga bekerja sama pengawai Puskesmas untuk mengawasi peredaran obat di wilayahnya,” tuturnya.

Dinas Kesehatan menyebut semua kasus yang ditangani Polres juga hasil dari informasi yang diberikan Dinkes.

Pasalnya, Dinkes selalu menelusuri beberapa toko obat yang menjual obat-obatan secara bebas tanpa dilengkapi resep dokter.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Dedy
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved