Breaking News:

Pencari Suaka

Dinsos Pastikan Makanan Para Pencari Suaka Bukan dari DKI

Bantuan makanan yang diperoleh para pencari suaka di gedung eks Kodim, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat hingga Selasa (31/9/2019) pagi bukan dari

Wartakotalive.com/Luthfi Khairul Fikri
Lokasi pengungsian pencari suaka di Gedung eks Kodim, Kalideres, Jakarta Barat, Minggu (1/9/2019) 

GAMBIR, WARTAKOTALIVE.COM - Dinas Sosial DKI Jakarta memastikan, bantuan makanan yang diperoleh para pencari suaka di gedung eks Kodim, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat hingga Selasa (31/9/2019) pagi bukan dari lembaganya.

Soalnya pemerintah daerah telah menghentikan bantuan tersebut sejak Sabtu (31/8/2019).

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Irmansyah mengatakan, bantuan itu berasal dari United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR), badan dunia yang mengurus pengungsi.

Kata dia, anggota Tim Taruna Siaga Bencana Indonesia (Tagana) Dinas Sosial dikerahkan untuk membantu mendistribusikan makanan itu ke para pencari suaka.

“Kami diminta bantuan untuk mendistribusikan, karena dianggap tahu mekanismenya supaya tidak menimbulkan mesalah atau kericuhan,” kata Irmansyah pada Selasa (3/9/2019).

Hingga Selasa (3/9/2019) siang, kata dia, puluhan personel Tagana masih berada di lokasi untuk bersiaga.

Tugas mereka hanya membantu mendistribusikan makanan dari UNHCR.

Kata dia, mekanisme pendistribusian makanan harus dilakukan secara teliti.

Jangan sampai makanan yang sudah disiapkan tidak cukup untuk para pengungsi di sana, sehingga berpotensi menimbulkan kericuhan.

“Pendistribusian di sana kan sensitif, jangan sampai ada 500 porsi makanan, orangnya justru lebih. Jadi harus betul-betul jumlahnya pas baru kami berikan, kalau nggak nanti timbul masalah seperti beberapa waktu lalu,” ujar Irmansyah. (faf)

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved