Wisata

Camat Muara Gembong Ungkap Akses Jalan Jadi Kendala Pengembangan Ekowisata Mangrove Muara Gembong

Akses jalan menjadi persoalan sulitnya mengembangkan ekowisata mangrove di Desa Pantai Mekar, Kecamatan Muara Gembong.

Camat Muara Gembong Ungkap Akses Jalan Jadi Kendala Pengembangan Ekowisata Mangrove Muara Gembong
Dok Kecamatan Muara Gembong
Ilustrasi sulitnya akses jalan untuk mencapai kawasan Pantai Bahagia di Muara Gembong. 

Camat Muara Gembong, Junaefi menyebut, akses jalan menjadi persoalan sulitnya mengembangkan ekowisata mangrove di Desa Pantai Mekar, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi.

Akan tetapi, pihaknya bersama unsur masyarakat maupun swasta terus berusaha agar Ekowisata Mangrove Muara Gembong ini dapat lebih dikenal dan dikunjungi banyak orang.

"Pengunjung masih minim, karena jarak tempuh cukup jauh dan akses ke titik lokasi hanya bisa dilalui sepeda motor," ujar Junaefi kepada Warta Kota, Senin (2/9/2019).

Untuk pengunjung yang menggunakan mobil, hanya bisa sampai Terminal Perahu dekat SDN 02 Pantai Mekar.

Kemudian bisa melanjutkan ke lokasi menggunakan ojek ataupun menyewa perahu nelayan.

"Kami berharap agar bisa dilebarkan jalannya agar mobil bisa sampai titik lokasi. Kalau tidak bisa disediakan transportasi khusus para pengunjung ke titik lokasi dan itu harus gratis," ungkap Junaefi.

Terungkap Berawal dari Facebook Kemudian Menikah, Aulia Kesuma Kenal dengan Suami yang Dibunuhnya

Untuk jarak tempuh yang cukup jauh, Junaefi menuturkan sebenarnya ada akses jalan yang bisa lebih cepat ke lokasi yakni lewat Babelan untuk melintasi jalan pertambakan milik Pertamina. Akan tetapi jalan itu masih berbentuk tanah dan bebatuan.

"Kalau normalnya kan lewat Muara Bakti dan Jalan Raya Kali CBL. Tapi itu bisa 3 jam perjalanan. Kalau lewat jalan Pertamina itu bisa 2 jam tapi rusak jalannya," jelas dia.

Selama ini, kata Junaefi, pengembangan Ekowisata Mangrove sangat dibantu oleh dana Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina EP Asset 3 Tambun Field.

"Kita bersyukur dapat dukungan dari Pak Bupati untuk mengembangkan wisata ini. Perlahan lah, kita buat wisata ini lebih terkenal lagi," jelas dia.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved