Pelayanan Publik

Terungkap Tiap Tiga Pekan Hanya Mendapat 500 Blangko KTP Elektronik Membuat Dilema Disdukcapil Bogor

Sudah sangat minim sekali yang kita terima dari pusat, karena kami saat ini hanya memperoleh 500 blangko saja per tiga minggu sekali.

Terungkap Tiap Tiga Pekan Hanya Mendapat 500 Blangko KTP Elektronik Membuat Dilema Disdukcapil Bogor
Warta Kota/Adi Kurniawan
Minimnya persediaan blangko yang terjadi di wilayah tempatnya bertugas akibat faktor minimnya penerimaan KTP elektronik dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI dan terjadi di seluruh Disdukcapil tingkat daerah maupun Kota. 

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil atau Disdukcapil Kabupaten Bogor setiap 3 pekan mendapatkan 500 keping blangko KTP elektronik dari Kemendagri.

"Iya, blangko e-KTP sekarang sudah sangat minim sekali yang diterima dari pusat, karena kami saat ini hanya memperoleh 500 blangko saja per tiga minggu sekali," ujar Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor, Dadan Dharmatin Dirgantara di Bogor, Jumat (30/8/2019).

Menurut Dadan, minimnya persediaan blangko yang terjadi di wilayah tempatnya bertugas akibat faktor minimnya penerimaan KTP elektronik dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI dan terjadi di seluruh Disdukcapil tingkat daerah maupun Kota.

"Sebenarnya, sudah terjadi sejak habis saat Lebaran idul fitri 1440 Hijriah lalu, waktu itu kita perminggu nya peroleh 500 blangko, tapi sekarang 500 keping itu untuk 3 pekan dan membuat kami menjadi dilema," katanya.

Saat Terberat yang Paling Memalukan untuk Pemain yang Membenci Liverpool Bernama Wayne Rooney

Pemkab Bogor Bangun Taman Senilai Rp 3,5 Miliar Ditandai Peletakan Batu Pertama oleh Bupati Bogor

Baru Terungkap Sebesar Ini Uang yang Harus Dibayar Cristiano Ronaldo untuk Berdamai dengan Korban

Menurutnya, kebimbangan jajarannya itu bukan tanpa sebab, karena merujuk dengan data yang ada untuk jumlah Print Ready Record (PRR) di Disdukcapil Kabupaten Bogor, sampai saat ini terhitung sudah mencapai 100.000 siap cetak.

"Tapi, mau gimana lagi karena persediaan yang minim dari pusat kita harus siasati, paling bagi masyarakat yang mengajukan pembuatan baru maupun pengajuan penggantian baru karena rusak atau hilang kita hanya bisa memberikan Surat Keterangan (Surket) hingga penerimaan blangko kembali normal seperti sebelumnya," katanya.

Polisi Duga karena Bunuh Diri Meski Keluarga Pria Terbakar di Mobil Tidak Percaya karena Alasan Ini

Ibu Kandung Dana Pingsan Saat Mengikuti Pemakaman Putranya yang Tewas Dibakar di Mobil

Penulis: Adi Kurniawan
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved