Berita Video

VIDEO: Spesialis Pencuri Kamar Hostel Dibekuk Polisi, Korbannya WNA

"Dari 2016 bersangkutan di bali pernah ditangkap dengan kasus yabg sama dan sempat menjalani penahanan di salah satu rutan di Bali selama 2,5 tahun

VIDEO: Spesialis Pencuri Kamar Hostel Dibekuk Polisi, Korbannya WNA
Warta Kota
Spesialis Pencurian Kamar Hostel di Bekuk Polisi 

Satreskrim Polsek Metro Tamansari, Jakarta Barat meringkus spesialis pencurian di kamar hotel yang beraksi dibeberapa wilayah di Indonesia. Pelaku menjadikan Warga Negara Asing (WNA) sebagai korbannya.

Pemilihan WNA sebagai targetnya dianggap pelaku, lebih luluasa untuk mengelabuhi, terlebih kebanyakan para WNA engan melaporkan peristiwa kehilangan sehingga aksinya tetap berjalan mulus.

Untungnya pelaku berhasil di ringkus setelah dua orang korban yang menginap disebuah hostel di Tamansari melaporkan kehilangan barang berharganya senilai Rp. 42 juta ke Polsek Metro Tamansari.

Kapolsek Metro Tamansari, AKBP Ruly Indra menjabarkan peristiwa itu bermula atas laporan dua WNA asal Amerika dan Luxemburg yang mengaku telah kehilangan barang saat menginap di sebuah hostel. Berdasarkan laporan itu pihaknya langsung bergegas melakukan penyelidikan.

"Kami mendapatkan laporan pengaduan dari warga negara asing Amerika dan Luxemburg atas nama MR. Eric dan Mrs RPH. Mereka melaporka kehilangan barang berharga miliknya di salah satu hostel," kata AKBP Ruly, Kamis (29/8/2019).

Dari hasil penyelidikan dan pemeriksaan saksi-saksi, diketahui jika barang milik WNA ini hilang karena di curi oleh seorang pria tak dikenal, hal itu terungkap berdasarkan rekaman CCTV, dimana pelaku membawa kabur barang berharga milik korban.

Berdasarkan CCTV itu petugas langsung berupaya mencari identitas pelaku dan pengejar pelaku. Dari hasil identitas pemesanan kamar hostel itu pelaku juga mengenakan identitas palsu.

Kurang lebih 3 minggu pencarian pelaku, keberadaan pelaku pun dapat diketahui, tak mau tergetnya lepas, polisi pum bergegas melakukan penangkapan. Pelaku berhasil ditangkap di sebuah kamar apartemen di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (23/8).

Dari penangkapan itu juga ditemukan sejumlah barang bukti milik beberapa korban termasuk terlapor seperti Camera, GPS, Wireless Wifi, Mouse Bluetooth, dan beberapa identitas dan dokumen penting milik korban.

"Pelaku berinisial AJ (24) yabg bersangkutan ditemukan di apartemennya dengan ditemukan barang bukti diantaranya milik pelapor, dan juga beberapa barang bukti lainnya," kata Ruly.

Kanit Reskirm Polsek Metro Tamansari, AKP Ranggo Siregar mengatakan setelah dilakukan intrograsi lebih lanjut ternyata selain di lokasi yang dilaporkan pelapor ini. Pelaku juga pernah melakukan aksi serupa dibeberapa wilayah seperti Bali, Jogja, Bandung, dan Jakarta.

Dari empat wilayah itu, korban selalu mencari target para WNA. Selain itu pelaku yang diketahui berinsial AJ ini merupakan residivisi kasus serupa dan pernah menjalani masa tahanan di salah satu rutan di Bali.

"Dari 2016 bersangkutan di bali pernah ditangkap dengan kasus yabg sama dan sempat menjalani penahanan di salah satu rutan di Bali selama 2,5 tahun setelah lepas dari situ tersangka masih melakukan kegiatan yang sama," katanya.

Atas perbuatan pelaku kini, tersamgka telah diamankan di Polsek Metro Tamansari. Pelaku juga dijarat dengan pasal 363 pencurian dengan pemberatan ancaman hukuman 7 tahun penjara. (JOS)

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved