Berita Video

VIDEO: Puluhan Kilogram Narkoba Dimusnahkan Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan

"Kami sengaja terbuka supaya tidak ada (praduga), namanya transparan tidak ada saling curiga dan khawatir karena ini menyangkut barang bukti

VIDEO: Puluhan Kilogram Narkoba Dimusnahkan Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan
Warta Kota
Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Anang Supriatna, Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali bersama sejumlah pejabat memamerkan narkoba dalam pemusnahan narkoba di Kantor Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Jagakarsa, Jakarta Selatan pada Kamis (29/8/2019). 

Perkara pidana kasus penyalahgunaan narkoba di wilayah hukum Kotamadya Jakarta Selatan masih marak ditemukan. Bersamaan dengan penetapan hukuman kepada para terpidana, pihak Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan melakukan pemusnahan puluhan kilogram berbagai jenis narkoba di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan hari ini, Kamis (29/8/2019).

Pemusnahan narkoba tersebut dihadiri sejumlah pejabat, antara lain Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Anang Supriatna, Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali, Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Bastoni Purnama, Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Andi Sinjaya Ghalib serta Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Vivick Tjangkung.

Dalam paparannya, Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Anang Supriatna menyebutkan narkoba yang dimusnahkan merupakan barang bukti dari ratusan perkara penyalahgunaan narkoba di wilayah hukum Jakarta Selatan sepanjang tahun 2019.

Pemusnahan narkoba yang terdiri dari ganja, sabu, tembakau gorilla, heroin, ekstasi hingga alat hisap dan senjata tajam itu merupakan pemusnahan barang bukti perkara kedua yang telah selesai diputus di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

"Hari ini kita melakukan pemusnahan barang bukti yang secara rutin dalam tahun ini adalah yang kedua, sebelumnya bulan Januari (2019) sudah dilakukan pemusnahan barang bukti dan sekarang yang kedua, karena beberapa perkara sudah inkrah, jadi orangnya sudah dipidana, pelaku-pelakunya dan sekarang tinggal barang buktinya, ternyata banyak juga barang buktinya," ungkapnya kepada wartawan pada Kamis (29/8/2019).

Kegiatan yang rutin dilakukan itu diungkapkannya menjadi bukti tranparansi pihaknya dalam penyelesaian kasus. Mengingat, narkoba merupakan barang haram yang dinilainya sangat sensitif untuk disalahgunakan, bagi aparat sekalipun.

"Kami sengaja terbuka supaya tidak ada (praduga), namanya transparan tidak ada saling curiga dan khawatir karena ini menyangkut barang bukti narkoba yang sangat sensitif," tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut, seluruh pejabat memamerkan seluruh narkoba yang hendak dimusnahkan. Mereka pun secara simbolis melakukan pemusnahan narkoba, mulai dari menyobek kemasan narkoba dan memasukkan barang haram itu dalam sebuah oven khusus.

Pemusnahan tersebut meliputi barang bukti narkotika dari sebanyak 548 perkara dan sebanyak 92 perkara umum lainnya, antara lain ganja sebanyak 110 perkara seberat 43 kilogram, metafitamin sebanyak 391 perkara seberat 3,8 kilogram, tembakau gorilla sebanyak 30 perkara seberat 1,7 kilogram, heroin sebanyak dua perkara seberat 57,3 gram serta obat terlarang sebanyak 15 perkara seberat 426,72 gram.

Selain itu, Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan turut memusnahkan senjata tajam sebanyak 62 buah yang diperoleh dari 54 perkara berikut ratusan ponsel, alat hisap dan uang palsu. (dwi)

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved