Breaking News:

Berita Video

VIDEO: Pencari Suaka Mulai di Pindahkan dari Eks Kodim Kalideres ke Tebet

Rencananya para pencari suaka ini akan di pindahkan ke Gedung Learning Jalan Asem Baris, gudang peluru, Tebet, Jakarta Selatan.

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Ahmad Sabran
Warta Kota
sejumlah imigran pencari suaka mulai di pindahkan dari eks kodim Kalideres mengunakan sebuah bus Transjakarta. 

Para pencari suaka yang menempati lokasi penampung eks kodim Kalideres Jakarta Barat mulai dipindahkan ke kawasan Tebet Jakarta Selatan. Pemindahan imigran ini dilakukan secara bertahap.

Rencananya para pencari suaka ini akan di pindahkan ke Gedung Learning Jalan Asem Baris, gudang peluru, Tebet, Jakarta Selatan.

Sebagian para imigran ini seperti imigran Sudan dan Somalia sudah dipindahkan sejak kemarin dengan mengunakan beberapa bus Metrotrans milik PT Trasnjakarta. Sedangkan untuk barang-barang para imigran di angkut dengan mengunakan truk.

Saat ini beberapa imigran yang tersisa hanya imigran asal Afganistan, Mali, dan Iran yang pada hari ini akan di pindahkan secara bertahap. Mereka pun saat ini tengah dilakukan pendataan oleh UNHCR.

Para imigran yang akan di pindahkan pada hari ini beberapa diantar mereka tidak mengetahui secara persis lokasi pemindahan dan bagaimana prosedur setelah dilakukan pemindahan ini. Mereka hanya mendapatkan informasi jika akan di pindahkan ke kawasan Tebet, Jakarta Selatan.

"Kami tidak tahu di pindahkan kemana. Kami hanya di beritahu jika ada di pindahkan ke Tebet," kata Syed (35) salah seorang imigran asal Afganistan di pengungsian, Kamis (29/8/2019).

Walau dipindahkan, Syed mengaku tidak mempermasalahkan, jika hal itu akan memperjelas, statusnya yang telah di nanti selama lima tahun belakangan ini. Sebab sejak dirinya berada di Indonesia, nasibnya tidak jelas.

Selain itu ia ingin, setelah pemindahan ini dapat segera pindah ke negara yang mampu menampungnya, jika pun tidak ia berharap dapat bisa bekerja di Indonesia dan bisa dapat membeli rumah untuk tempat tinggal.

"Kami hanya ingin kejelasan status kami agar segera bisa pindah atau bisa segera bekerja untuk mendapatkan uang," katanya.

Sementara itu, Ali (35) salah seorang imigran asal Afganistan mengatakan berapa imigran telah di pindahkan sejak kemarin. Meski begitu ia tidak mengetahui secara persis lokasi pemindahan itu.

"Kemarin sudah ada yang di pindahkan. Sudan dan Somalia pakai bus. Barang-barang di angkut dengan truk, tapi kami tidak tahu kemana akan pindah," ujarnya.

Sementara itu beberapa petugas UNHCR yang ada di lokasi pun engan memberikan keterangan atas pemindahan para pencari suaka ini. Hal serupa juga dikatakan oleh Camat Kalideres, Naman. Ia mengaku tidak bisa memberikan keterangan terkait pemindahan ini.

"Saya tidak bisa memberikan keterangan. Nanti bisa tanyakan ke pihak Kemenpolhukam," kata Naman. (JOS)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved