Startup Weekend Indonesia, Upaya Sinar Mas Land Dorong Pengembangan Startup

Para startup enthusiast mendapatkan pengalaman membangun perusahaan digital dimulai dari membentuk tim, brainstorm, pitching idea, hingga presentasi.

Startup Weekend Indonesia, Upaya Sinar Mas Land Dorong Pengembangan Startup
Dok. Sinar Mas Land
Startup Weekend dimenangkan oleh Skripsuit, Anak Angkat dan Jelajah. 

Untuk memperkaya pengembangan ekosistem digital di BSD City, Sinar Mas Land kembali menjadi tuan rumah untuk kegiatan bertema kewirausahaan digital, Startup Weekend Indonesia yang berlangsung 23-25 Agustus di Dermaga, The Breeze BSD City.

Dalam kegiatan tersebut, para startup enthusiast mendapatkan pengalaman membangun sebuah perusahaan digital yang dimulai dari membentuk tim, brainstorm, pitching idea, hingga presentasi di depan investor dengan bimbingan mentor yang sudah berpengalaman membangun startup.

Acara ini merupakan hasil kolaborasi dengan Kumpul dan Techstars, yakni sebuah platform pengembangan startup yang bertujuan untuk mendorong proses pengembangan startup agar dapat menyelesaikan isu-isu strategis di Indonesia.

Sementara Techstars adalah salah satu pemegang lisensi program Startup Weekend dari Google for Startup, sehingga program ini secara global turut didukung oleh Google for Startups.

Digital Hub Project Leader dari Sinar Mas Land Irawan Harahap mengatakan kehadiran Startup Weekend Indonesia di BSD City menekankan komitmen Sinar Mas Land dalam pengembangan ekosistem digital secara masif dan global.

“Selama bertahun-tahun Sinar Mas Land telah mengembangkan ekosistem digital di BSD City untuk mendukung kemajuan ekonomi digital di Indonesia. Kami menyadari potensi ini dan sangat bersemangat untuk menjadi salah satu pengembang yang menggerakkan roda ekonomi digital di Indonesia,” ungkap Irawan Harahap, dalam keterangan tertulis, Senin (26/8).

Irawan menambahkan, acara edukatif seperti Startup Weekend Indonesia ini merupakan sarana yang sangat penting untuk pengembangan ekosistem startup di BSD City.

“Harapannya dengan adanya acara seperti ini, developer, wirausaha, tech savvy dan siapapun yang memiliki passion di sektor startup ini tergerak untuk melahirkan inovasi-inovasi yang bermanfaat,” ujarnya.

Startup Weekend Indonesia merupakan acara pengembangan startup yang diadakan untuk mendorong perkembangan startup digital di Indonesia. Para peserta acara ini terdiri dari berbagai latar belakang developer, desainer, wirausaha, freelancer, pelajar melewati fase-fase pembentukan startup.

Adapun fase yang dijalani dimulai dari pembentukan tim, brainstorm ide atau gagasan, hingga mempersiapkan peluncuran produk. Selama fase ini, mereka juga akan didampingi oleh mentor yang memberikan ilmu dan pengetahuan terkait pengembangan perusahaan dan penetrasi pasar.

Untuk menjamin kualitas dan kredibilitas program, Startup Weekend Indonesia menghadirkan berbagai nama besar di bidang teknologi digital dan dunia startup sebagai panel juri maupun tim ahli.

Beberapa perusahaan startup, institusi dan korporasi telah melibatkan timnya dalam acara ini, antara lain Kominfo, BEKRAF, Gojek, Bukalapak, Tokopedia, Telkomsel, Sinar Mas Land, Bukopin, Kata.ai, Jojonomic dan Sirclo.

Founder Kumpul, Faye Alund, mengatakan, dengan mengadakan Startup Weekend Indonesia di BSD City, pihaknya berharap akan banyak developer, software engineer, entrepreneur, desainer, dan pelaku digital lainnya yang tertarik bergabung ke dalam ekosistem digital yang sedang dibangun oleh Sinar Mas Land.

“Kalau semua sudah berkumpul di sini, tentu kolaborasi akan semakin mudah dan tujuan kita untuk menjadi leading digital economy country bisa terwujud,” pungkas Faye.

Penulis: Mochammad Dipa
Editor: Ichwan Chasani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved