Sampah Kiriman di Sungai Cisadane Diduga Berasal dari TPA Cipeucang Tangsel

Sejumlah petugas Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Kota Tangerang berjibaku membersihkan sampah di Sungai Cisadane di Kalipasir.

Sampah Kiriman di Sungai Cisadane Diduga Berasal dari TPA Cipeucang Tangsel
Warta Kota/Zaki Ari Setiawan
Petugas berusaha membersihkan sampah di Kali Cisadane di Kalipasir, Tangerang. 

Sejumlah petugas dari Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Tangerang tampak sibuk membersihkan sampah di sungai Cisadane yang berada di daerah Kalipasir, Tangerang, Kamis (29/8/2019).

Hal itu dilakukan lantara sungai Cisadane dipenuhi oleh sampah yang menumpuk di bawah jembatan besi di daerah itu.

Kabid Operasi dan Pemeliharaan PUPR Kota Tangerang, Agus Tholib menduga, sampah itu bisa jadi berasal dari TPA Cipeucang, Tangerang Selatan yang menjadi hulu.

Petugas Dinas PUPR bersihkan sampah di permukaan Sungai Cisadane, di Wilayah Kelurahan Sukajadi, Kecamatan  Karawaci, Kota Tangerang, Kamis (29/8/2019).
Petugas Dinas PUPR bersihkan sampah di permukaan Sungai Cisadane, di Wilayah Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Kamis (29/8/2019). (Warta Kota/Nur Ichsan)

Dugaannya itu didasarkan karena posisi TPA Cipeucang berada tepat di pinggir sungai Cisadane.

"Sampah Cipeucang kan di pinggir sungai ya, mungkin ada juga dari situ," ungkap Agus.

Pembersihan sungai Cisadane yang dilakukan oleh timnya itu merupakan kegiatan rutin untuk membersihkan sungai Cisadane, daerah Kalipasir merupakan satu di antara beberapa titik yang dipasangi tambang dan jaring untuk menahan laju sampah.

Sampah Hantui Sungai Cisadane, Wali Kota Tangerang Tuding Kota Tangerang Selatan Dalangnya Sampah

Sampah pun menjadi menumpuk di daerah itu, ditambah lagi hujan sudah mengguyur sebagian wilayah di Tangerang Selatan dan Tangerang yang menyebabkan volume sampah meningkat.

"Kita jaga rutin, setiap hari kita bersihin sudah program kita membersihkan sungai Cisadane, hanya kalau hujan sampahnya lebih berat," tuturnya.

Pantauan Warta Kota, para petugas membersihkan sampah dengan terjun ke sungai Cisadane menggunakan kapal karet. Sampah itu lalu ditarik untuk dipindahkan ke daratan kemudian diangkut menggunakan truk.

Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved