Breaking News:

Smart SIM

Ngga Cuma Bisa untuk Bayar Tol dan Berbelanja, Kena Tilang juga Bisa Bayar Pakai Smart SIM

Smart SIM atau SIM Pintar itu dapat merekam identitas serta data forensik kepolisian serta jadi alat pembayaran elektronik.

WhatsApp
September 2019, Polri rencananya akan meluncurkan Smart SIM atau SIM Pintar yang bisa dipakai untuk berbelanja dan membayar tol. 

Selain fitur uang elektronik dan punya aplikasi di ponsel, Smart SIM juga diwacanakan dapat menjadi alat pembayaran saat terkena tilang. Singkatnya, kena tilang juga bisa bayar pakai Smart SIM.

MODEL baru Surat Izin Mengemudi (SIM) akan diluncurkan oleh Korlantas Polri pada 22 September 2019.

Smart SIM atau SIM Pintar itu dapat merekam identitas serta data forensik kepolisian serta jadi alat pembayaran elektronik.

Pada saat grand launching mendatang, Korlantas Polri juga akan meluncurkan aplikasi Smart SIM untuk ponsel pintar.

Aplikasi ini membuat pemegang SIM dapat melihat riwayat SIM yang dimilikinya.

Diluncurkan Bareng saat Grand Launching, Aplikasi Smart SIM Dibuka dengan Nomor Ponsel Teregistrasi

Bisa Isi Saldo Smart SIM hingga Rp 2 Juta, Caranya Sama seperti Kartu e-Toll

Enggan Gunakan Smart SIM sebagai Alat Transaksi Elektronik, Fitur Bisa Dimatikan

Menariknya, selain fitur uang elektronik dan punya aplikasi di ponsel, Kasubdit SIM Ditregident Korlantas Polri Kombes Pol Hery Sutrisman mengatakan, Smart SIM juga diwacanakan dapat menjadi alat pembayaran saat terkena tilang.

"Misalkan pelanggar mengakui pelangarannya, bisa membayar denda, karena nanti kita buat aplikasinya, jadi polisi-nya bukan seperti karyawan bank, tapi pakai aplikasi," katanya kepada Kompas.com, Rabu (28/8/2019).

Smart SIM bekerjasama dengan tiga bank yaitu BRI, BNI dan Bank Mandiri. Namun saat ini yang terlebih dulu akan diuji coba ialah BNI.

"Ke depan kita inginnya bisa berbagai bank. Nantinya sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia," katanya.

Smart SIM Bisa Dicabut jika Pemilik Banyak Lakukan Pelanggaran Lalu Lintas, Begini Penjelasannya

Tampilan SIM baru yang disebut SMART SIM dan digadang-gadang dapat berfungsi sebagai alat pembayaran e-money beredar di aplikasi pesan WhatsApp pada Rabu (21/8/2019).
Tampilan SIM baru yang disebut SMART SIM dan digadang-gadang dapat berfungsi sebagai alat pembayaran e-money beredar di aplikasi pesan WhatsApp pada Rabu (21/8/2019). (WhatsApp)

Hery menekankan, bahwa Smart SIM bukan sekadar SIM biasa yang punya fitur uang elektronik.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved