Breaking News:

Ubah Cara Mengajar, Ratusan Guru Dapatkan Pelatihan Gerakan Sekolah Menyenangkan

Ubah Cara Mengajar, Ratusan Guru Dapatkan Pelatihan Gerakan Sekolah Menyenangkan. Ubah kebiasaan menghafal dan fokus menarik minat bakat setiap murid.

Warta Kota/Zaki Ari Setiawan
Pendiri Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM), M Nur Rizal melatih ratusan guru di QBig BSD City, Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Rabu (28/8/2019). 

Cara mengajar guru yang mengharuskan siswanya hanya menghafal selama berada di sekolah perlahan-lahan sudah mulai ditinggalkan.

Lewat program Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM), Muhammad Nur Rizal dan T Novi Poespita Candra mengajak para guru untuk mulai menarik minat bakat setiap siswa.

Rizal menerangkan, terdapat empat aspek yang harus ditekankan selama memberikan pengajaran di kelas.

Dinas Pendidikan Kota Bekasi Sediakan Dana Rp 500 Juta Untuk Beasiswa Mahasiswa

“Kita mendorong guru membuat perubahan di empat area, menciptakan lingkungan positif, pembelajaran yang kontekstual, pendidikan karakter, dan pendidikan yang terhubungan dengan sosial di luar sekolah,” kata Rizal di daerah Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Rabu (28/8/2019).

Untuk menyadarkan hal itu, kepala sekolah, pemegang kebijakan daerah, maupun nasional diajak berkolaborasi dalam program GSM yang sudah berjalan sejak tahun 2017 lalu.

Dengan berjalannya program itu, Rizal berharap sekolah dapat menciptakan siswa yang berprestasi dan mampu bersaing di era ini.

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UKI Kenalkan Bahasa Inggris ke TK Al-Ghazali Islamic School

“Outcome dari siswa akan menjadi pembelajar yang mandiri, punya kreasi, mampu memanfaatkan resources di internet, pelajar yang adaptif dan fleksibel,” jelasnya.

GSM dalam Rumah Pintar BSD City yang sudah berkolaborasi dengan Sinar Mas Land telah memberikan pelatihan kepada hampir 200 sekolah.

“Yang tadinya di Sinar Mas Oktober 2017 hanya 10 sampai 20 sekolah yang di training, sekarang satu setengah tahun sudah 200 sekolah dan akan diadopsi di Kabupaten Tangerang dengan 2.000 sekolah dan Tangerang Selatan, Ibu Airin minta semua sekolahnya di training,” ujar Rizal.

Kemenristekdikti Percepat Proses Penggantian 25 RS PTN Menjadi RS Pendidikan

Sementara itu, sekira 100 guru sedang mengikuti pelatihan GSM sejak tanggal 27-30 Agustus 2019 di QBig BSD, Pagedangan, Kabupaten Tangerang.

Para guru yang mengikuti pelatihan berasal dari Riau, Jambi, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur.

“Kami berharap inisiatif ini dapat menghapus labelisasi bahwasanya bersekolah adalah aktivitas yang membebani, tak membahagiakan, hanya dipenuhi hapalan yang membosankan para peserta didik,” kata Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin selepas membuka Workshop Gerakan Sekolah Menyenangkan di BSD City.

Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor:
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved