Pelayanan Publik

Kalangan DPRD DKI Jakarta Ungkap Peluang untuk Penataan RTH Terkait Wacana Pemindahan Ibu Kota

Momen perpindahan ini menjadi peristiwa yang sangat baik untuk mengarah penataan RTH, terutama di kawasan-kawasan yang bisa dikembalikan fungsinya.

Kalangan DPRD DKI Jakarta Ungkap Peluang untuk Penataan RTH Terkait Wacana Pemindahan Ibu Kota
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
ILustrasi. Petugas Dinas Kehutanan Jakarta Pusat, bercocok tanam di sepanjang jalur pedestrian Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, Rabu (3/10/2018). 

DPRD DKI Jakarta memandang Pemprov DKI Jakarta memiliki kesempatan yang luas dalam menata ruang Jakarta.

Hal itu dapat dilakukan bilamana Ibu Kota telah dipindah pemerintah pusat ke Provinsi Kalimantan Timur pada 2024 mendatang.

Ketua DPRD DKI Jakarta Sementara, Pantas Nainggolan mengatakan, fungsi gedung perkantoran milik lembaga vertikal bisa saja dialihkan untuk Ruang Terbuka Hijau (RTH) seperti yang digagas Jakarta.

Akan tetapi, beralih fungsi gedung itu tetap harus mendapat persetujuan dari pemerintah pusat.

“Kami setuju saja, tapi itu kan asetnya milik pemerintah pusat yah jadi terserah mereka. Tapi daripada nanti terbengkalai tidak dimanfaatkan yah kenapa tidak (dialihkan),” kata Pantas pada Rabu (28/8/2019).

Menurut Pantas, bila Jakarta berkesempatan mengalihkan gedung bekas itu menjadi RTH, maka target penyediaan RTH akan tercapai.

Soalnya, bila mengacu pada UU Nomor 26 tahun 2007 tentang Penataan Ruang, seharusnya pemerintah daerah memiliki RTH seluas 30 persen dari luas Jakarta mencapai 661,52 kilometer persegi.

Akan tetapi, Jakarta baru memiliki RTH sekitar 14,9 persen dari total luas lahannya.

“Momen pemindahan ini menjadi peristiwa yang sangat baik untuk mengarah ke situ (penataan RTH), terutama di kawasan-kawasan yang bisa dikembalikan fungsinya menjadi ruang publik,” imbuhnya.

Meski demikian, kata dia, pemda masih menunggu revisi UU Nomor 29 Tahun 2007 tentang Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta sebagai Ibu Kota NKRI.

Halaman
1234
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved