Cuaca

Fenomena Madden Julian Oscalliation yang Melintasi Indonesia Memengaruhi Cuaca di Jabodetabek

Saat sekarang ini, ada fenomena Madden Julian Oscalliation (MJO) yang sedang melintas di wilayah indonesia.

Fenomena Madden Julian Oscalliation yang Melintasi Indonesia Memengaruhi Cuaca di Jabodetabek
Wartakotalive.com/Feryanto Hadi
Ilustrasi. Sejumlah petugas melakukan pengurasan saluran air untuk mengurangi sampah serta sedimen lumpur yang berada di dalam saluran tersebut. 

Kepala Stasiun BMKG Bogor, Abdul Mutholib mengatakan bahwa pada umumnya untuk daerah Kabupaten Bogor, dan Depok, saat ini, masih dalam periode musim kemarau terutama daerah Kabupaten Bogor bagian Timur masih kemarau dan baru akan memasuki periode musim hujan diperkirakan pada bulan Nopember di dasarian 1.

"Adapun Kabupaten Bogor bagian Selatan, Bogor Barat, dan Bogor Utara baru akan memasuki musim hujan diprakirakan pada Oktober dasarian ke-3 dan Depok baru akan memasuki musim hujan pada dasarian 1 bulan Nopember tahun 2019," katanya, didampingi Hadi Saputra, Kasie Data dan Informasi kepada Warta Kota, Rabu (28/8).

Ketika disinggung beberapa hari belakangan ini turun hujan, Hadi Saputra mengatakan, sekarang ada fenomena Madden Julian Oscalliation (MJO) di Indonesia, yang sedang melintas di wilayah indonesia.

"Apabila dilihat dari pola awan yang terbentuk keberadaan massa udara lembab diakibatkan aktivitas Madden Julian Oscalliation (MJO) di Indonesia meskipun lemah dan didukung oleh pemanasan lokal yang intensif sehingga proses pembentukan awan secara lokal ini dapat dengan mudah terbentuk," ujar Hadi.

Hadi menjelaskan, Siklon tropis adalah sebuah jenis sistem tekanan udara rendah yang terbentuk secara umum di daerah tropis.

"Kalau adanya puting beliung di kawasan Bogor dan Depok, kami sulit memdeteksinya. Karena skalanya terlalu kecil dan waktunya singkat," katanya.

Penulis: Adi Kurniawan
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved