Ketenagakerjaan

Data BPJS Ketenagakerjaan, Setiap Hari Terjadi 40.273 Kasus Kecelakaan Kerja

Sepanjang tahun 2018, totalnya terjadi 147.000 kasus kecelakaan kerja, mengakibatkan tujuh kematian per hari, dan 12 orang menjadi cacat karenanya.

Data BPJS Ketenagakerjaan, Setiap Hari Terjadi 40.273 Kasus Kecelakaan Kerja
Warta Kota/Mohamad Yusuf
Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto; Menteri Ketenagaekrjaan RI, Hanif Dakiri; Ketua Komisi IX DPR RI, Dede Yusuf, saat akan melakukan riding bersama dalam kegiatan BPJS Ketenagakerjaan membagikan 5.500 helm dan edukasi Safety Riding di Plaza Selatan Gelora Bung Karno, Gelora, Tanahabang, Rabu, (28/8/2019). 

Angka kecelakaan kerja di Indonesia masih sangat tinggi. 

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan mencatat terjadi 147.000 kasus kecelakaan kerja sepanjang 2018, atau 40.273 kasus setiap hari. 

Dari jumlah itu, sebanyak 4.678 kasus (3,18 persen) berakibat kecacatan,  dan 2.575 (1,75 persen) kasus berakhir dengan kematian.

Data itu menunjukkan, setiap hari ada 12 orang peserta BPJS Ketenagakerjaan mengalami kecacatan, dan tujuh orang peserta meninggal dunia.

Hal itu diungkapkan Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto dalam acara sosialisasi keselamatan kerja dan berkendara di  Plaza Selatan Gelora Bung Karno, Gelora, Tanahabang, Rabu, (28/8/2019).

Ini Testimoni Terhadap Kehadiran PLKK di RS Awal Bros Bekasi Timur, BPJSTK Acungi Jempol

"Sangatlah penting untuk menekan semaksimal mungkin angka kecelakaan kerja yang terjadi bagi pekerja," ujarnya.

Agus juga mengungkapkan, keselamatan kerja tak hanya penting dijaga di lokasi kerja, tetapi juga di luar tempat kerja, termasuk dalam perjalanan.

Pasalnya, 57 persen dari kasus kecelakaan kerja sepanjang tahun lalu, terjadi di luar tempat kerja. Sedangkan kecelakaan kerja yang terjadi di lokasi kerja di bawahnya, yakni 24 persen.

Penyebab terbanyak adalah kecelakaan lalu lintas saat berkendara terkait pekerjaan, atau saat menuju dan dari tempat kerja.

"Hal ini berdampak besar bagi pekerja, keluarga, dan perusahaan itu sendiri," ujar Agus.

BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Kebayoran Baru Meresmikan gerai SDSI Perisai

Halaman
12
Penulis: Mohamad Yusuf
Editor: Ika Chandra Viyatakarti
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved