Berita Video

VIDEO: Tangsel Ingin Jadikan Penampungan Sampah Sebagai Pembangkit Tenaga Listrik 

"Kami memang lagi fokus untuk PLTSA ini. Wali Kota (Airin) meminta agar proyek ini cepat segera terpenuhi," ujar Yepi

VIDEO: Tangsel Ingin Jadikan Penampungan Sampah Sebagai Pembangkit Tenaga Listrik 
Warta Kota/Andika Panduwinata
Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany 

Pemerintahan Kota Tangerang Selatan tengah berbenah dalam pembangunan Pembangkit Tenaga Listrik Sampah (PLTSA).

Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany berambisi menjadikan tempat pembuangan akhir (TPA) Cipeucang, Serpong sebagai mega proyek PLTSA. 

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Tangerang Selatan, Yepi Suherman. Ia menjelaskan saat ini pihaknya tengah melakukan berbagai tahapan dalam proses pembangunan itu. 

"Kami memang lagi fokus untuk PLTSA ini. Wali Kota (Airin) meminta agar proyek ini cepat segera terpenuhi," ujar Yepi saat dijumpai Warta Kota di Kantor Dinas Lingkungan Hidup Tangsel, Selasa (27/8/2019).

Yepi menyebut tahapan pertama yakni melalui kajian dengan konsultan dari Korea Selatan. Mereka bahkan memberikan dana hibah Rp. 5 miliar untuk proyek tersebut.

"Intinya Wali Kota minta dalam pembangunan PLTSA ini banyak manfaatnya untuk masyarakat. Terutama dalam pengelolaan sampah," ucapnya.

Pasalnya, menurut Yepi di TPA Cipeucang kapasitas sampah sudah melampaui batas. Pemkot Tangsel pun hingga kini terus berbenah dalam mengatasi permasalahan tersebut.

"Sehingga Wali Kota mendesak kepada Kemeterian terkait untuk melakukan pembangunan PLTSA ini secepatnya. Targetnya akhir tahun ini harus ada pemenang lelang dan segera melakukan pembangunan," kata Yepi.

"Karena kapasitas di TPA Cipeucang itu hanya bisa menampung 350 ton sampah dalam sehari. Padahal seharinya saja ada 970 ton sampah yang dihasilkan dari masyarakat Tangerang Selatan ini," ungkapnya. (dik)

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved