Transportasi

2024, Jalur Kereta dari Bogor Tembus Bandung

Dengan dibangunnya jalur tersebut, maka penumpang bisa menikmati jalur selatan. Yaitu melalui Bogor-Sukabumi-Cianjur-Ciranjang-Cipatat-Cilame-Bandung.

2024, Jalur Kereta dari Bogor Tembus Bandung
Warta Kota/Mohamad Yusuf
Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa bagian Barat, Achyar Pasaribu. 

Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (DJKA Kemenhub) akan membangun jalur kereta api dari Bogor hingga Bandung.

Langkah awal dari rencana besar itu diawali dengan pengaktifan kembali (reaktivasi) jalur Cianjur-Ciranjang, pada 30 Juli 2019.  

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa bagian Barat Achyar Pasaribu mengatakan, tujuan reaktivasi jalur tersebut untuk mengurangi kepadatan lalu lintas jalan raya.

Terutama dari Sukabumi-Cianjur-Padalarang.

"Initinya kami kembangkan jalur kereta selatan. Jadi bisa meminimalkan biaya angkutan dan distribusi logistik nasional," ujar Achyar, saat ditemui pada peninjauan Stasiun Ciranjang, Selasa (27/8/2019).

VIDEO: 2024 Jalur Kereta dari Bogor Tembus Bandung

Pembangunan Jalur Baru

Setelah mengaktifkan kembali jalur Cianjur-Ciranjang, akan dilanjutkan dengan menghubungkan jalur kereta api antara Bogor-Sukabumi–Cianjur–Padalarang.

"itu akan memudahkan masyarakat di wilayah Bogor yang menuju Bandung tidak perlu lagi melalui Stasiun Gambir," kata Achyar.

Jalur Cianjur-Ciranjang sudah dibangun sepanjang 15 km, dan telah direaktivasi jalur keretanya. Rute itu dilayani dengan Kereta Api Siliwangi.

Rencananya, tahun ini juga akan dibuka  jalur Ciranjang-Cipatat, dengan target operasi awal tahun 2020.

VIDEO: Reaktivasi Jalur Cianjur-Ciranjang, Kini Warga Bisa Menikmati Kereta Lagi

"Nanti dari Cipatat, kami targetkan tembus sampai Bandung. Kami akan buat shortcut dari Cipatat sampai Cilame," ujar Achyar.

Achyar mengatakan, pembuatan jalur tembusan dari Cipatat ke Cilame bukan tanpa alasan.

"Kenapa nggak sampai Padalarang lalu masuk ke jalur eksisting (yang sudah ada)? Karena dari Cipatat sampai Padalarang kalau lewat jalur eksisiting terlalu curam," katanya.

Dengan dibangunnya jalur tersebut, maka penumpang bisa menikmati jalur selatan. Yaitu melalui Bogor-Sukabumi-Cianjur-Ciranjang-Cipatat-Cilame-Bandung.

"Kami targetkan 2023-2024 sudah tembus Bandung, dari Bogor," ujar Achyar.

Penulis: Mohamad Yusuf
Editor: Ika Chandra Viyatakarti
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved