Pelayanan Publik

Terkuak Saat Pelantikan Anggota DPRD Kota Bekasi, Kursi PKS Bertambah, Partai Hanura Tak Dapat Kursi

PDIP dan PKS unggul dengan 12 kursi, disusul Golkar 8 kursi, kemudian Gerindra 6 kursi, Demokrat 5, PAN memperoleh 4, PPP 2, dan PKB 1.

Terkuak Saat Pelantikan Anggota DPRD Kota Bekasi, Kursi PKS Bertambah, Partai Hanura Tak Dapat Kursi
Warta Kota/Muhammad Azzam
Sebanyak 50 Anggota DPRD Kota Bekasi periode 2019-2024 resmi dilantik dan diambil sumpah jabatan, pada Senin (26/8/2019). 

Sebanyak 50 Anggota DPRD Kota Bekasi periode 2019-2024 resmi dilantik dan diambil sumpah jabatan, pada Senin (26/8/2019).

Hasil perolehan suara pada Pileg 2019, PDIP dan PKS unggul dengan 12 kursi, disusul Golkar 8 kursi, kemudian Gerindra 6 kursi, Demokrat 5 kursi, PAN memperoleh 4 kursi, PPP 2 kursi, dan PKB 1 kursi.

Ada banyak perubahan mencolok perolehan kursi dibandingkan tahun 2014 lalu, untuk kursi anggota DPRD Kota Bekasi dari PKS mengalami peningkatan dari 7 kursi menjadi 12.

Sementara Partai Hanura pada Pemilu 2014 meraih 4 kursi akan tetapi pada periode 2019-2024 ini tidak mempunyai perwakilan yang duduk di DPRD Kota Bekasi.

Proses pelantikan dan sumpah jabatan dihadiri oleh Walikota Bekasi, Rahmat Effendi, Wakil Walikota Bekasi, Tri Adhianto, Wakapolres Metro Bekasi Kota, AKBP Eka Mulyana dan seluruh SKPD Pemerintah Kota Bekasi.

Sebanyak 50 anggota DPRD baru berjajar di depan untuk diambil sumpah jabatan oleh Ketua Pengadilan Negeri Kota Bekasi, Wayan Karya.

"Perlu saya ingatkan kepada saudara bahwa sumpah ini mengandung tanggung jawab, terhadap rakyat Indonesia khususnya rakyat Bekasi, tanggung jawab menyelamatkan Pancasila dan UUD 1945, serta tanggung jawab terhadap kesejahteraan rakyat. Sumpah disaksikan oleh yang hadir di sini, sumpah atau janji juga disaksikan oleh Tuhan YME. Tuhan mengetahui apa yang tersembunyi di hati saudara," jelas Wayan sebelum mengambil sumpah jabatan.

Wayan Karya membacakan sumpah jabatan untuk kemudian diikuti oleh seluruh anggota DPRD Kota Bekasi baru.

"Demi Allah saya berjanji (untuk Agama Islam), Demi Tuhan (Agama Kristen), dan
Demi Sang Hyang Adhi Budha (untuk Agama Budha), Bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota dewan perwakilan rakyat daerah Kota Bekasi dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman kepada Pancasila dan UUD 1945. Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban, akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi keadilan, serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi. Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat untuk mewujudkan tujuan nasional untuk kepentingan bangsa," demikian isi sumpah jabatan tersebut.

Setelah pembacaa sumpah, dilakukan penandatanganan berita acara pengucapan sumpah dan janji Anggota DPRD Kota Bekasi.

Halaman
1234
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved