Kekeringan, PDAM TKR Tangerang Klaim Sudah Lakukan Sejumlah Upaya Penyaluran Air Bersih

Kekeringan, PDAM TKR Tangerang Klaim Sudah Lakukan Sejumlah Upaya Penyaluran Air Bersih. Simak selengkapnya.

warta kota
Seorang bocah sedang mandi di kucuran air di tampungan toren yang sumber airnya disedot dari tanah berkedalaman 50 meter, Minggu (25/8/2019). Toren yang disebut warga sebagai sumur bersama ini sangat membantu warga RT 04 Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo, Kota Depok, yang saat ini juga dilanda kekeringan air. 

KEKERINGAN yang melanda Tangerang sejak Juli sampai Agustus masih menjadi permasalahan bagi masyarakat untuk mendapatkan air bersih.

PDAM Tirta Kerta Raharja (TKR) sebagai penyalur air bersih di Kabupaten Tangerang melakukan sejumlah upaya untuk memenuhi kebutuhuhan masyarakat itu.

Manager Humas PDAM TKR Tangerang, Samsudin menerangkan, pihaknya sudah melakukan setidaknya dua langkah untuk menyalurkan air bersih ke beberapa daerah di Tangerang yang mengalami kekeringan.

HEBOH Budayawan Ridwan Saidi Sebut Kerajaan Sriwijaya Kerajaan Fiktif, Begini Reaksi Sejarawan

"Upayanya macam-macam, pertama kita membuat parit atau kanal-kanal di semua pipa supaya sungai yang kering tetap dialiri air. Kedua, kalau itu tidak bisa kita meminjam pompa ke PUPR untuk mengambil air yang di tengah," ujar Samsudin, Kamis (22/8/2019).

Penggalian kanal secara manual, kata Samsudin, sudah dilakukan di antaranya berada di daerah Tigaraksa dan Solear.

Sementara itu, daerah seperti Kronjo dan Kresek sudah tidak bisa menggunakan air dari pipa PDAM akibat kekeringan yang melanda.

"Ada dua pipa yang di Kresek dan Kronjo tidak bisa diproduksi, jadi kita pakai tangki untuk menyalurkan air bersih," ujarnya.

Terdapat setidaknya dua unit tangki air bersih dengan kapasitas masing-masing 5.000 liter yang bergerak setiap harinya untuk menyalurkan ke daerah yang membutuhkan.

Event ZZ & Brothers Cup 2019 Jaring Bibit Atlet Berkuda Potensial

Samsudin juga menyampaikan, terdapat call center PDAM TKR Tangerang bagi masyarakat yang ingin melaporkan kekeringan di wilayahnya dan membutuhkan pasokan air bersih.

Berikut nomor call center PDAM TKR Tangerang: Telepon (021) 55 777 666 dan Whatsapp 0821 22 777 666.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved