Berita Video

VIDEO: Kolam Ikan dan Hidroponik Bikin Asri Kelurahan Kebagusan

Kolam berukuran 1,5 meter persegi itu tidak menjadi muara aliran, terdapat selokan kecil sepanjang tiga meter yang berkelok

VIDEO: Kolam Ikan dan Hidroponik Bikin Asri Kelurahan Kebagusan
Wartakotalive.com/Dwi Rizki
Kolam ikan dan tanaman hidroponik di belakang Kantor Kelurahan Kebagusan. 

Tidak terjamah dan termanfaatkan selama bertahun-tahun, lahan kosong di belakang Kantor Lurah Kebagusan kini menjadi area bercocok tanam dan perikanan yang menarik bagi semua orang, khususnya anak-anak.

Tidak berbeda dengan kantor kelurahan pada umumnya, kantor kelurahan yang berada di Jalan Kebagusan Kecil IV RT 09/05 Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan itu terlihat menjemukkan dengan area parkir penuh kendaraan dan hiruk pikuk pelayanan masyarakat.

Namun, melangkahkan kaki mengitari kantor kelurahan, sejuknya suasana seketika terasa. Derasnya air yang menyemprot ke arah kolam ikan yang memanjang dari ujung pintu belakang hingga musala kantor kelurahan itu menyambut siapa saja untuk berlama-lama.

Kolam ikan berbentuk persegi panjang itu dibangun dengan menempel dengan teras kelurahan, sehingga mirip dengan saluran air di Jepang yang penuh berisi ikan. Terdapat pula sejumlah tanaman hias yang menambah asri suasana.

Tidak sebatas itu, kolam ikan yang berisi beraneka jenis ikan konsumsi, seperti ikan mas, mujair, bawal serta ikan lele itu pun tersambung dengan kolam ikan yang berada di depan musala. Celah selebar 30 cm pun memberikan kesan air terjun dengan gemericik air yang menyejukkan.

Kolam berukuran 1,5 meter persegi itu tidak menjadi muara aliran, terdapat selokan kecil sepanjang tiga meter yang berkelok menuju sebuah kolam di depan kantin kelurahan. Kolam berbentuk persegi itu pun tersambung dengan sebuah selokan kecil dengan kolam ikan selanjutnya diisi beragam filter air, seperti eceng gondok, pasir dan kerikil.

Kolam itu juga diisi ikan sapu-sapu serta beragam ikan kecil sebagai pembersih.

Sementara, pada ujung kolam terdapat bak dan pompa air untuk mengalirkan air kembali ke kolam utama.

Tidak terbatas pada kolam ikan, petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Kebagusan, Rizal menuturkan pembuatan kolam juga diselingi dengan penanaman sayuran lewat sistem hidroponik.

Dirinya memanfaatkan pipa pvc panjang yang dilubangi sebagai media tanam tanaman hidroponik.

Halaman
12
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved