Berita Video

VIDEO: Festival Budaya Betawi Tegal Alur Upaya Melestarikan Kebudayaan

tak hanya beragam kuliner, panggung hiburan pun didirikan untuk menghibur warga.

VIDEO: Festival Budaya Betawi Tegal Alur Upaya Melestarikan Kebudayaan
Warta Kota
Kelurahan Tegal Alur, Kalideres Jakarta Barat mengelar Festival Budaya Betawi Tegal Alur, Minggu (25/8) 

Dalam upaya menumbuhkan rasa cinta budaya terhadap anak-anak muda, Kelurahan Tegal Alur, Kalideres Jakarta Barat mengelar Festival Budaya Betawi Tegal Alur, Minggu (25/8).

Acara yang diselenggarakan di depan kantor Kelurahan Tegal Alur ini pun menuai reaksi antusias warga yang datang ke acara itu, tak hanya beragam kuliner, panggung hiburan pun didirikan untuk menghibur warga.

Meski terbilang sederhana, namun acara ini mengadung makna dimana beberapa tradisi Betawi seperti silat, seni tari, hingga seni musik betawi turut serta di tampilkan.

Hal ini bertujuan agar warga khususnya anak-anak muda dapat kembali tumbuh atas kecintaannya kepada budaya. Apalagi saat ini seni budaya mulai terkikis dengan adanya era digitalisasi yang cenderung membuat budaya semakin terlupakan.

"Selama ini kita lihat, sebagian generasi muda sudah terkontaminasi dengan budaya asing. Makanya untuk menumbuhkan rasa cinta budaya sendiri kami adakan festival budaya ini," kata Lurah Tegal Alur, Muhammad Suratman, Minggu (25/8/2019).

Dilain sisi, menurut Suratman acara ini juga sebagai bentuk silahturami antar warga sekitar serta beberapa pihak yang terlibat dalam acara ini seperti LMK, FKDM, Bimas, Babinsa, Kapolsub Sektor Tegal Alur, Satpol PP, dan jajaran Kelurahan Tegal Alur.

Dalam acara festival pagelaran tersebut, para pengunjung juga disuguhkan hiburan musik, lenong, seni tari, seni pukul betawi. Selain itu berbagai hasil kerajinan tangan buatan anak bangsa juga turut dipamerkan.

"Para pengunjung juga mendapat hiburan baik musik, kesenian tari dari berbagai sanggar yang dikemas oleh Forum Komunikasi Pelestarian Budaya Betawi," ujarnya.

Dirinya juga berharap dengan adanya Festival Budaya ini tentu seluruh anak muda agar lebih cinta dengan budaya budaya sendiri, serta dapat menumbuhkan rasa persatuan dan persatuan antara warga sekitar.

"Makanya kita kembangkan lagi budaya budaya betawi, khususnya di Kelurahan Tegal Alur, supaya anak anak muda lebih cinta pada budayanya sendiri," katanya.

Dengan adanya acara ini beberapa warga sekitar yang datang ke lokasi pun menyambut antusias dengan diselengarakan acara ini. Mereka yang hadir berharap acara ini menjadi acara tahunan kedepannya.

"Kalo ada acara gini pasti seru ya, ya pengennya bisa menjadi acara tahunan itu aja," kata Gusti Ayu (27) salah seorang pengunjung.

Selain itu hal serupa juga dikatakan oleh Iyun (35). Ia mengaku begitu senang dengan adanya acara ini, dengan dihadirkan acara-acara budaya seperti itu bisa menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya sendiri.

"Seru pasti. Ya yang pasti bisa terus ada. Kalo acara acara gini kalo orang bilang biar budaya kita itu tetap ada. Jadi ngak hilang begitu aja," ucapnya. (JOS)

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved