Berita Jakarta

Car Free Day Sudirman Thamrin Selalu Penuh Pedagang, Pemprov DKI Bilang Begini

"Kami akan lakukan evaluasi beberapa Minggu ini, karena kita lihat mereka makin ke dalam makin ke dalam. Itu keluhan pengguna car free day mereka ke t

Car Free Day Sudirman Thamrin Selalu Penuh Pedagang, Pemprov DKI Bilang Begini
Warta Kota/Mochammad Dipa
PENGUNJUNG car free day di Bundaran HI, Jakarta, 

Keberadaan para pedagang kaki lima (PKL) saat hari bebas kendaraan bermotor atau biasanya dikenal Car Free Day (CFD) menuai keluhan masyarakat yang tengah berolahraga disektar Sudirman-Thamrin.

Mereka yang menempati area trotoar bahkan hingga badan jalan ini, kerap membuat para pejalan kaki atau masyarakat yang tengah berolah raga, tidak begitu leluasa melakukan aktifitasnya.

Selain itu, keberadaan PKL ini pun tak terlepas dengan permasalahan sampah ketika kegiatan CFD usai. Dimana sampah-sampah berserahkan di sekitar jalan Thamrin hingga Sudirman.

Sampah-sampah plastik makanan ini dibuang begitu saja oleh masyarakat yang membeli makanan dari para PKL yang menjajakan di sekitar area CFD.

Meski usai CFD petugas kebersihan langsung membersihkan area itu, namun pembersihan bertepatan dengan dibukanya jalan, sehingga aksi bersih-bersih tidak begitu maksimal.

Atas keluhan masyarakat adanya PKL di sekitar CFD Sudirman-Thamrin, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Adi Adiantara mengaku akan melakukan evaluasi keberadaan PKL di CFD.

"Kami akan lakukan evaluasi beberapa Minggu ini, karena kita lihat mereka makin ke dalam makin ke dalam. Itu keluhan pengguna car free day mereka ke tengah," kata Adi Adiantara, Minggu (25/8/2019).

Selain itu beberapa hal juga disampaikan kepada para PKL yang berjualan saat CFD, dimana setiap pedagang harus menyediakan tempat sampah dan sapu. Hal ini dilakukan agar memudahkan para petugas kebersihan, untuk membersihkan sampah.

"Sederhana saja mereka juga membersihkan tempat sebagaimana semula. Jadi tidak kotor lagi," katanya.

Menurut Adi, pihaknya akan bekerja sama dengan beberapa intansi terkait untuk melakukan evaluasi keberadaan PKL di Car Free Day. Dirinya masih melihat hasil evaluasi nanti apakah menempatkan PKL di trotoar atau disiapkan kantong-kantong PKL.

Halaman
12
Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved