Berita Video

VIDEO: Semanan Flora Fauna Expo 2019 Jadi Destinasi Baru Kota Jakarta Barat

Dengan dihadirkannya acara Semanan Flora Fauna Expo 2019, menjadi salah satu upaya pemkot Jakarta Barat untuk menjadikan Semanan salah satu destinasi

VIDEO: Semanan Flora Fauna Expo 2019 Jadi Destinasi Baru Kota Jakarta Barat
Warta Kota/Joko Supriyanto
Pemkot Jakarta Barat dan Dinas KPKP DKI Jakarta menggelar Semanan Flora Fauna Expo 2019 pada 23-25 Agustus 2019 

Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat berkeinginan menjadikan kawasan Semanan Jakarta Barat menjadi salah satu destinasi wisata kedepannya. Tak hanya di manfaatkan warga Jakarta Barat namun juga warga Tanggerang.

Kawasan Semanan sendiri merupakan wilayah perbatasan dengan Jakarta Barat dan Tanggerang.

Dengan dihadirkannya acara Semanan Flora Fauna Expo 2019, menjadi salah satu upaya pemkot Jakarta Barat untuk menjadikan Semanan salah satu destinasi wisata.

Semanan Flora Fauna Expo 2019 merupakan kegiatan yang digagas oleh Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) yang menampilkan beberapa jenis tanaman hingga acara talkshow, pameran dan bazar yang dilaksanakan selama 3 hari kedepan tanggal 23-25 Agustus 2019.

Kegiatan ini pun juga diikuti oleh komunitas bonsai 100 orang, komunitas ikan cupang 100 orang dan beberapa komunitas lain termasuk pengusaha baru dari Jakarta Barat dan Tanggerang.

Setidaknya terdapak 45 stand yang menampilkan beberapa komunitas termasuk kominitas ikan cupang, bahkan kegiatan itu juga digelar adu ikan cupang. Serta beberapa stand yang menampilkan tanaman hydroponik.

"Saya ingin Semanan Flora Fauna Expo 2019 ini menjadi salah satu tujuan wisata dan industri kreatif, ini merupakan 1 kawasan yang akan di kembangkan kedepannya," kata Wali Kota Jakarta Barat, Rustam Efendi, Jumat (23/8/2019).

Rustam mengatakan dengan kegiatan ini dirinya ingin memperkenalkan kepada masyarakat khususnya warga Jakarta Barat mengenai hasil-hasil pertanian masyarakat Semanan dan masyarakat di sekitar Jakarta Barat serta masyarakat Tanggerang disekitar perbatasan Semanan.

Tak hanya itu, acara ini juga dibentuk untuk membantu perekonomian masyarakat sekitar dengan menjual aneka pertanian hingga bebrapa jenis ikan cupang yang menjadi ikon Jakarta Barat.

"Sehingga tumbuhlah ekonomi baru di lokasi ini. Jadi kedepan tentu akan kami kembangkan tidak hanya pada acara ini saja," katanya.

Rustam juga meminta kedepan beberapa fasilitas yang ada dikembangkan, termasuk memperbaiki beberapa jalan penghubung di lokasi itu, bahkan saluran air pun perlu dilakukan penataan kembali.

"Pokoknya kita kembangkan lah ada tempat pameran pertanian, hewan. Pokoknya kita kembangkan lagi tempat ini. Malah saya berharap ini menjadi tempat tujuan wisata flora fauna," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pangan Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta, Darjamuni mengatakan pihaknya berharap ini menjadi agenda permanen yang perlu dikembangakan.

Apalagi kegiatan ini merupakan koloborasi antara Pemkot Jakarta Barat dengan pemerintah Tanggerang, sehingga tidak hanya sentra pengembangan tapi juga sebagai sentara promosi dan wisata.

"Mungkin kedepanmya bagaimana langkah kita untuk mengembangkan sehingga dapa dimanfaatkan masyarakat Jakarta Barat pada umumnya," ucapnnya. (JOS)

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved