Otomotif

Menengok Mercedes Benz S 600 Guard, Mobil Dinas Presiden Jokowi yang Tahan Peluru dan Ledakan Bom

Toyota Crown 2.5 HV G-Executive diputuskan sebagai mobil dinas menteri baru, sementara Mercedes-Benz S600 Guard sebagai mobil dinas Presiden Jokowi.

Menengok Mercedes Benz S 600 Guard, Mobil Dinas Presiden Jokowi yang Tahan Peluru dan Ledakan Bom
CarBuzz
Mercedes-Benz S600 Guard 

Sedan mewah Mercedes Benz S 600 Guard ini mendapat sertifikat VR10, yakni sertifikasi tingkat perlindungan tertinggi untuk kendaraan non-militer.

PEMERINTAH tak hanya memutuskan Toyota Crown 2.5 HV G-Executive untuk mobil dinas para menteri baru periode 2019-2024, tetapi juga akan mengganti mobil lama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Mercedes-Benz S600 Guard.

Mobil Mercedes Benz S 600 Guard terbaru ini akan menggantikan Mercedes-Benz S 600 Pullman Guard model sebelumnya yang merupakan warisan dari era kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Sesuai dengan hasil pengadaan, dari beberapa penyedia yang memasukkan penawaran, Kementerian Sekertariat Negara RI memutuskan Mercedes-Benz Indonesia untuk menyediakan dua unit mobil Mercedes-Benz S 600 Guard sebagai kendaraan keras VVIP Kepresidenan," tulis rilis resmi Kementerian Sekertariat Negara RI, dikutip Jumat (23/8/2019).

Resmi, Toyota Crown 2.5 Hybrid Jadi Mobil Menteri Jokowi Periode II, Astra Siapkan 101 Unit

Kondisi Mobil Dinas Presiden Jokowi Rusak, Jendela Otomatis Tak Berfungsi dan Radio Menyala Sendiri

Sering Mogok, Mobil Dinas Jokowi Bakal Diganti

Mercedes Benz S 600 Guard
Mercedes Benz S 600 Guard (Auto Trader)

Penggantian unit Mercedes-Benz S600 Guard kepada Mercedes-Benz Indonesia dilakukan melalui penunjukan langsung, bukan memakai sistem tender umum seperti pengadaan mobil dinas menteri dan pejabat setingkat menteri.

"Sesuai dengan anggaran yang tersedia, pada tahun 2019 mengadakan kendaraan keras VVIP Kepresidenan sebanyak dua unit melalui Sistem Penunjukan Langsung, mengingat diperuntukan bagi pengaman Presiden dan Wakil Presiden," tulis rilis itu.

Mercedes-Benz S 600 Guard dipilih berdasarkan pertimbangan teknis antara lain faktor keamanan, keandalan dan efisiensi biaya pemeliharaan yang semakian mahal karena usia pemakaian. Sebab mobil yang ada saat ini merupakan tahun pembuatan 2008 dan 2009.

"Mayoritas telah berusia lebih dari 10 tahun, berdasarkan pertimbangan teknis, perlu dilakukan penggantian," tulis rilis tersebut

Perlindungan tingkat tinggi 

Mercedes Benz S600 Guard, mobil yang akan digunakan sebagai mobil dinas Presiden Jokowi, merupakan mobil dengan tingkat perlindungan keamanan yang sangat tinggi untuk penumpang.

Sedan mewah ini mendapat sertifikat VR10, yakni sertifikasi tingkat perlindungan tertinggi untuk kendaraan non-militer.

Halaman
1234
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved