Berita Video

VIDEO: Jatuh Tempo Pembayaran Pajak 31 Agustus di Tangerang, Ini Sanksi Kalau Terlambat

"Kami juga memberikan alternatif pembayaran. Bisa melalui Alfamart, Indomaret, Kantor Pos, Bukalapak dan Tokopedia,"

VIDEO: Jatuh Tempo Pembayaran Pajak 31 Agustus di Tangerang, Ini Sanksi Kalau Terlambat
Istimewa
ILUSTRASI Pajak Bumi dan Bangunan 

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tangerang menetapkan pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB) jatuh tempo pada 31 Agustus 2019 mendatang.

Kabid PBB Banpenda Kabupaten Tangerang, Dwi Candhra Budiman mengimbau kepada masyarakat untuk segera membayar pajak, jika tidak bakal dikenai sanksi.

Ia menjelaskan warga Kabupaten Tangerang saat ini pun banyak yang mengantre untuk membayar PBB ini. Mereka mengantre di sejumlah loket Bank BJB.

"Kami juga memberikan alternatif pembayaran. Bisa melalui Alfamart, Indomaret, Kantor Pos, Bukalapak dan Tokopedia," ujar Dwi saat dijumpai Warta Kota di Gedung Pusat Pemerintahan Tangerang, Jumat (23/8/219).

Dwi pun menerangkan sanksi yang diberikan kepada para wajib pajak yang menunggak. Dirinya menyatakan pihaknya tak segan - segan untuk memberikan sanksi tersebut.

"Jika tidak membayar dalam tempo yang sudah ditentukan, secara adminitrasi mereka dibebankan pembayaran 2 persen per bulan dari nilai pajaknya itu. Ini dilakukan selama 2 tahun berturut - turut secara akumulatif," ucapnya.

Bahkan hukuman terberat bila menunggak akan dilakukan pemblokiran sementara. Menurut Dwi, ini langkah ini bagian bentuk strategi untuk meningkatkan kesadaran wajib pajak.

"Sanksi berikutnya kami tilang SPPT-nya (Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang). Kalau tidak bayar tidak kami cetak itu, diblokir. Sehingga mereka jika mengurus admitrasi lainnya menjadi kesulitan karena harus memerlukan dokumen itu," kata Dwi.

Dwi merinci sampai saat ini realiasasi PBB di Kabupaten Tangerang sudah mencapai Rp. 302 miliar. Ditargetkan selama tahun ini tembus hingga Rp. 380 miliar.

"Setelah masa jatuh tempo, kami tetap melakukan penagihan door to door kepada wajib pajak. Ini sudah kami melakukan pemetaan terhadap wajib pajak dengan kewajiban pembayaran di atas Rp. 5 juta," paparnya. (dik)

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved