BERITA VIDEO

VIDEO : Ada Kursi Pijat Di Mobil Mercedes Benz S 600 Guard Pullman

Pemerintah akan segera mengganti mobil kepresidenan dengan yang baru dan telah menunjuk Mercedes-Benz sebagai mobil terbaru.

Pemerintah akan mengganti mobil lama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Mercedes-Benz S600 Guard.

Mercedes Benz S 600 Guard terbaru ini akan menggantikan Mercedes-Benz S 600 Pullman Guard model sebelumnya yang merupakan warisan dari era kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Ada yang istimewa dari mobil ini, selain perlengkapan standar pengamanan kepresidenan, mobil ini dilengkapi dengan kursi pijat.

Interior Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard tahun 2019. Dok Motor1.com
Interior Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard tahun 2019. Dok Motor1.com (Dok Motor1.com)

Dalam ulasan interior mobil ini oleh motor1.com dan situs youtube MercBenzKing disebutkan bahwa kursi mobil kepresidenan ini dilengkapi alat pemijat yang terpasang di bagian sandaran jok mobil itu.

Teknologi Hot Stone Massage ini dikembangkan Mercedes-Benz di seri S-Class dengan kantung-kantung udara di dalam jok yang menghasilkan gerakan layaknya pijatan.

Pengendalian pijatan ini dioperasikan melalui piranti remote control sekaligus telepon selular mobil yang tersimpan di sandaran tangan di mobil mewah itu.

Indonesia Cuma Punya Delapan Mobil Kepresidenan, Itupun Dibagi Dua untuk Wapres

Mobil Kepresidenan Mogok, Fadli Zon: Ganti Saja Sama Esemka

"Sesuai dengan hasil pengadaan, dari beberapa penyedia yang memasukkan penawaran, Kementerian Sekertariat Negara RI memutuskan Mercedes-Benz Indonesia untuk menyediakan dua unit mobil Mercedes-Benz S 600 Guard sebagai kendaraan keras VVIP Kepresidenan," tulis rilis resmi Kementerian Sekertariat Negara RI, dikutip Jumat (23/8/2019).

Sirine Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard tahun 2019 yang dengan mikrofon dan speaker untuk komunikasi ke luar mobil.
Sirine Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard tahun 2019 yang dengan mikrofon dan speaker untuk komunikasi ke luar mobil. (Dok Motor1.com)

Penggantian unit Mercedes-Benz S600 Guard kepada Mercedes-Benz Indonesia dilakukan melalui penunjukan langsung, bukan memakai sistem tender umum seperti pengadaan mobil menteri dan pejabat setingkat menteri.

"Sesuai dengan anggaran yang tersedia, pada tahun 2019 mengadakan kendaraan keras VVIP Kepresidenan sebanyak dua unit melalui Sistem Penunjukan Langsung, mengingat diperuntukan bagi pengaman Presidean dan Wakil Presiden," tulis rilis itu.

Tampilan Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard tahun 2019. Dok Motor1.com
Tampilan Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard tahun 2019. Dok Motor1.com (Dok Motor1.com)

Mercedes-Benz S 600 Guard dipilih berdasarkan pertimbangan teknis antara lain faktor keamanan, keandalan dan efisiensi biaya pemeliharaan yang semakian mahal karena usia pemakaian.

Sebab mobil yang ada saat ini merupakan tahun pembuatan 2008 dan 2009.

"Mayoritas telah berusia lebih dari 10 tahun, berdasarkan pertimbangan teknis, perlu dilakukan penggantian," tulis rilis.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mobil Dinas Baru Presiden Jokowi Pakai Mercedes-Benz S600 Guard", https://otomotif.kompas.com/read/2019/08/23/131032715/mobil-dinas-baru-presiden-jokowi-pakai-mercedes-benz-s600-guard.
Penulis : Gilang Satria
Editor : Aditya Maulana

Editor: Alex Suban
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved