Musik

Synchronize Festival 2019 Digelar Untuk Keempat Kalinya, Kini Menerapkan Konsep Ramah Lingkungan

Synchronize Festival 2019 digelar kembali untuk keempat kali di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Tahun ini menerapkan konsep ramah lingkungan.

Synchronize Festival 2019 Digelar Untuk Keempat Kalinya, Kini Menerapkan Konsep Ramah Lingkungan
Warta Kota/Arie Puji Waluyo
Andy /rif kala bernyanyi di panggung Dynamic Synchronize Festival 2017 yang digelar di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, 7 Oktober 2017. 

Festival musik Synchronize Festival kembali digelar di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, selama 3 hari, yakni 4-6 Oktober 2019.

Tahun ini Synchronize Festival akan menghadirkan konsep berbeda dari penyelenggaraan serupa yang juga digelar sebelumnya.

Mengusung tema 'Memanusiakan Alam dan Mengalamikan Manusia’, festival musik yang tahun ini memasuki penyelenggaraan keempat ini ikut mengkampanyekan ramah lingkungan.

Ebiet G Ade saat bernyanyi bersama Presiden Jokowi di acara Synchronize Fest 2017 di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, 7 Oktober 2017.
Ebiet G Ade saat bernyanyi bersama Presiden Jokowi di acara Synchronize Fest 2017 di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, 7 Oktober 2017. (Warta Kota/Arie Puji Waluyo)

David Karto, Festival Director Synchronize Festival 2019, mengatakan, sampah menjadi perhatian utama pihak penyelenggara mengingat jumlah penonton Synchronize Festival yang sangat banyak di setiap tahun.

"Kami mencoba melakukan internal change behavior, yakni melakukan upaya mengurangi sampah," kata David Karto.

Selama even berlangsung, penyelenggara akan menyediakan pengisian air minum untuk mengurangi sampah dari botol minuman kemasan.

Synchronize Fest Akan Hadirkan Almarhum Chrisye di Panggung Megah

Presiden Jokowi Saksikan Festival Musik Synchronize di Kemayoran, Beri Jempol Ebiet

David Karto mengimbau agar pentonton membawa botol minuman masing-masing dari rumah.

"Kita coba berbenah. Mungkin tahun pertama ini nggak bisa seratus persen berubah. Kita akan siapkan tumbler (botol minum) dan ada prasmanan area buat para kru," katanya.

Penyelenggara juga mengajak penonton untuk menggunakan transportasi ramah lingkungan saat menghadiri Synchronize Festival.

Kamila Trio yang menjadi pembuka sesi Hello Dangdut di panggung Dynamic Synchronize Fest 2017 di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat,  7 Oktober 2017.
Kamila Trio yang menjadi pembuka sesi Hello Dangdut di panggung Dynamic Synchronize Fest 2017 di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, 7 Oktober 2017. (Warta Kota/Arie Puji Waluyo)

"Kami mengajak penonton membawa sepeda atau naik transportasi umum dengan Bike to Synchronize," ujarnya.

Kiki Aulia Ucup, Program Director Synchronize Festival, menambahkan, penyelenggara juga didukung PLN dalam hal suplay listrik selama konser berlangsung.

Hal ini, kata dia, sebagai upaya mengurangi polusi dari penggunaan genset.

"Jika biasanya konser menggunakan genset, kali ini kami menghindari penggunaan genset karena bisa jadi polusi lingkungan," katanya.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Irwan Wahyu Kintoko
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved