Breaking News:

Prasarana Umum

Berstatus Jalan Nasional, Sudin Binamarga Jaksel Tak Bisa Perbaiki Jalan TB Simatupang yang Rusak

Jalan TB Simatupang berstatus jalan nasional, dan berada di bawah kewenangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Warta Kota/Dwi Rizki
Kondisi depan Gedung Oleos, Jalan TB Simatupang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada Jumat (23/8/2019). Bekas lubang galian proyek pemasangan utilitas yang terlihat dibiarkan terbuka mengganggu dan berbahaya bagi pejalan kaki. 

Suku Dinas Bina Marga Jakarta Selatan tak bisa berbuat banyak terkait kerusakan trotoar dan badan Jalan TB Sumatupang. 

Pasalnya, Jalan TB Simatupang berstatus jalan  nasional, dan berada di bawah kewenangan pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

"Sampai saat ini, statusnya masih jalan nasional," ujar Eva Andrian, Kepala Seksi Kelengkapan Prasarana Jalan dan Jaringan Utilitas (KPJJU) Suku Dinas Bina Marga Jakarta Selatan, Jumat (23./8/2019). 

Eva mengatakan, Sudin Bina Marga Jakarta Selatan tidak memiliki kewenangan dalam melakukan penataan ataupun perbaikan apabila ditemukan adanya kerusakan trotoar hingga badan jalan.

Viral Video Pejalan Kaki Dimaki Pengendara Motor Saat Berjalan di Trotoar

Begitu juga apabila ditemukan adanya pelanggaran berupa galian pemasangan utilitas liar.

Namun, Eva mengungkapkan dalam waktu dekat Kementerian PUPR akan menyerahkan pengelolaan Jalan TB Simatupang kepada Suku Dinas Bina Marga Jakarta Selatan.

Jika penyerahan aset sudah terwujud, Suku Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Jakarta Selatan juga akan ikut mengawasi jalan tersebut.

Kerusakan Di Beberapa Tempat

Kerusakan jalan dan trotoar yang terjadi di sejumlah titik Jalan TB Simatupang

Kepulan debu tanah merah hingga berkarung tanah bekas galian kabel menjadi pemandangan umum di sepanjang Jalan TB Simatupang, mulai dari putaran arah Tanjung Barat hingga kawasan Niaga TB Simatupang.

Jalan TB Simatupang Tidak Ramah Pejalan Kaki, Trotoar Berlubang Bekas Galian

Halaman
123
Penulis:
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved