Begini Kronologi Kericuhan Pencari Suaka di Kalideres

Kericuhan antara pencari suaka sempat terjadi Kamis (22/8) malam. Kericuhan yang terjadi disebabkan imigran Sudan dan Afganistan saling berebut makana

Begini Kronologi Kericuhan Pencari Suaka di Kalideres
Wartakotalive.com/Joko Supriyanto
Suasana penampungan pencari suaka di Kalideres 

KALIDERES, WARTAKOTALIVE.COM --  Kericuhan antara pencari suaka sempat terjadi Kamis (22/8) malam.

Kericuhan yang terjadi disebabkan imigran Sudan dan Afganistan saling berebut makanan.

Kericuhan sempat membuat suasana di sekitar lokasi tegang, bahkan akses jalan depan eks Kodim Kalideres pun sempat di tutup.

Beberapa petugas kepolisian yang tiba di lokasi berusaha mengorganisir kericuhan.

Imbas kericuhan itu pun sempat membuat beberapa imigran terluka, meski begitu kericuhan bisa di redam. Namun hingga hari ini Jumat (23/8) suasana di eks Kodim Kalideres kondusif.

Hanya saja beberapa imigran Sudan memilih menempati trotoar di depan eks Kodim Kalideres, sedangkan untuk imigran Afganistan tetap berada di dalam gedung eks Kodim yang digunakan sebagai tempat penampungan sementara.

Sejak kemarin pasokan makanan yang diberikan kepada para pencari suaka sudah minim, bahkan Dinas Sosial sudah tidak lagi memberikan makanan. Bahkan beberapa wc portebel pun sudah mulai di angkut oleh petugas, digantikan wc portebel milik UNHCR.

Kericuhan yang terjadi ketika itu berawal, saat pembagian makanan kepada para pencari suaka, makanan itu berasal dari organisasi lain dengan jumlah sekitar 200 boks nasi. Jumlah itu tentu tidak sesuai dengan jumlah penghuni pencari suaka yang berjumlah 1000 orang.

"Ya memang awalnya itu berebut makanan. Karena makanan yang ada tidak sesuai dengan jumlah kami," kata Imigran Afganistan, Syed (35) saat ditemui, Jumat (23/8/2019).

Syed, menyebut ketika pembagian dilakukan, para Imigran Sudan mencoba meminta jatah makanan lebih, namun jumlah makanan yang tersedia tidak mencukupi. Dengan jumlah makanan yang sedikit dalam kelompoknya berjumlah 23 orang hanya mendapatkan 6 nasi boks.

Halaman
12
Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved