Instalasi Gabion Dikritik, Pemprov DKI Jakarta Diminta Contoh Surabaya

Instalasi Gabion di jantung Ibukota dianggap tidak bermanfaat. Pemprov DKI Jakarta diharapkan bisa mencontoh Surabaya.

Instalasi Gabion Dikritik, Pemprov DKI Jakarta Diminta Contoh Surabaya
TRIBUNNEWS/DANANG TRIATMOJO
Instalasi batu yang dinamakan Instalasi Gabion, di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat. Instalasi ini merupakan pengganti instalasi anyaman bambu alias getah getih, yang sebelumnya dibongkar karena termakan umur. 

PENGAMAT Tata Kota dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Prof Henny Warsilah mengkritik Instalasi Batu yang terdapat di dekat Bundaran HI, Jakarta.

Menurut Henny, Jakarta harus mencontoh Surabaya dalam menata ruang hijaunya.

Sebelumnya diberitakan sebagai pengganti instalasi getah getih, Pemprov DKI Jakarta memasang Gabion di dekat kawasan Bundaran HI.

Tidak Pelihara Kucing, Dari Sini Virus Toksoplasma yang Diidap Tantri KOTAK

Berbeda dengan getah-getih yang menggunakan bahan bambu, kali ini instalasi tersebut didominasi oleh batu.

Diberitakan Wartakotalive.com sebelumnya tiga buah susunan batu tampak berdiri kokoh di atas lokasi bekas instalasi anyaman bambu alias getah getih, yang sebelumnya dibongkar karena termakan umur.

Instalasi tersebut terdiri dari dari bebatuan yang ditumpuk ke atas, dipagari kawat atau biasa disebut beronjong, lengkap dengan hiasan tanaman dan bunga berwarna putih dan merah pada bagian atas.

Sementara, di sekitarnya ditanami tanaman-tanaman hijau berjenis Sansivieira, bougenville, palem kol, tapak dara, lolipop, dan alang-alang sebagai estetikanya.

Ahsan/Hendra Melenggang ke Babak Perempat Final Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019, Ini Calon Lawannya

Pengamat Tata Kota Henny Warsilah ikut mengomentari instalasi tersebut. Menurutnya instalasi seharga Rp150 juta itu tidak terlalu bermanfaat untuk Jakarta.

“Rasanya untuk manfaat tidak seberapa ya, instalasi kecil tidak cukup untuk menetralkan udara buruk Jakarta, mungkin dari sisi keindahan saja,” kata Henny saat dihubungi Wartakotalive.com melalui pesan What’s App pada Kamis (22/8/2019).

Menurutnya Jakarta harus mencontoh Surabaya, dimana yang ditanam ialah tumbuhan yang benar-benar bisa bermanfaat bagi udara kota.

Halaman
123
Penulis: Desy Selviany
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved