Komandan Korps Brimob Polri Irjen Anang Rivandoko: Brimob Kawal Pancasila dan Penegak Keutuhan NKRI

Irjen Anang Rivandoko resmi menjabat Komandan Korps Brimob Polri menggantikan Irjen Ilham Salahudin.

Komandan Korps Brimob Polri Irjen Anang Rivandoko: Brimob Kawal Pancasila dan Penegak Keutuhan NKRI
Warta Kota/Vini Rizki Amelia
Irjen Anang Rivandoko resmi menjabat Komandan Korps Brimob Polri menggantikan Irjen Ilham Salahudin dalam upacara serah terima Pataka Korps Brimob Polri di Lapangan Mako Brimob, Kelapa Dua, Cimanggis, Depok, Rabu (21/8/2019). 

Irjen  Anang Rivandoko resmi menjabat Komandan Korps Brimob Polri menggantikan Irjen Ilham Salahudin.

Penyerahan dilakukan dalam upacara serah terima Pataka Korps Brimob Polri di Lapangan Mako Brimob, Kelapa Dua, Cimanggis, Depok, Rabu (21/8/2019).

Nuansa merah putih sangat kental mewarnai upacara dengan banyaknya bendera dan atribut merah putih yang digunakan peserta upacara. 

Dalam sambutannya, Anang mengatakan, kepemimpinan Korps Brimob Polri yang baru diharapkan dapat lebih menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan di Korps Brimob itu sendiri dan masyarakat.

"Karena kesetiaan Brimob Polri tidak diragukan lagi sebagai perekat ke Bhinekaan, pilar pengawal Pancasila dan penegak keutuhan NKRI," ujar Anang.

Acara dilanjutkan dengan Pembacaan Ikrar Brimob Nusantara.

Irjen Pol. Drs. Anang Rivando Resmi Menjabat Komandan Korps Brimob Polri 
Irjen Pol. Drs. Anang Rivando Resmi Menjabat Komandan Korps Brimob Polri  (Warta Kota)

Ikrar ini merupakan bentuk keprihatinan Korps Brimob Polri melihat perkembangan situasi di masyarakat akhir-akhir ini yang berpotensi terjadi perpecahan bangsa karena perbedaan.

"Korps Brimob Polri berkomitmen, bila ada kelompok tertentu yang ingin mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa maka Brimob akan tampil terdepan karena Brimob untuk Indonesia," kata Anang menyemangati para pasukannya.

Dalam pembacaan ikrar, Anang mengatakan ikrar Brimob Nusantara berlaku untuk seluruh Brimob Nusantara yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia karena Brimob Polri merupakan cerminan miniatur Indonesia.

"Meskipun berbeda suku, agama, Ras dan Budaya tetapi kemajemukan itu dapat memersatukan Brimob Polri dalam ikatan Bhinela Tunggal Ika," papar Anang.

Serah terima Pataka yang menjadi simbol tonggak kepemimpinan di Korps Brimob Polri ini turut dihadiri unsur pimpinan dan anggota jajaran Korbrimob.

Tampak hadir pula para tokoh agama, tokoh masyarakat, serta Purnawirawan Brimob Polri.

Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved