Rusuh Papua

Kronologi Lengkap Bentrokan Warga-mahasiswa Papua Menurut Wali Kota Malang

Wali Kota Malang Sutiaji menjelaskan kronologi terkait peristiwa bentrokan yang terjadi pada Kamis (15/82019) antara sekelompok warga Kota Malang deng

Kronologi Lengkap Bentrokan Warga-mahasiswa Papua Menurut Wali Kota Malang
Live Streaming Kompas TV
Situasi terakhir rusuh di Manokwari 

Pasca terjadinya bentrokan antara sekelompok warga Kota Malang dengan mahasiswa asal Papua, beredar berita hoaks di media sosial.

Beredarnya berita hoax tersebut ikut memicu memperkeruh situasi di berbagai daerah, terutama di Manokwari yang berujung kerusuhan.

Atas dasar itu, Wali Kota Malang Sutiaji menjelaskan kronologi terkait peristiwa bentrokan yang terjadi pada Kamis (15/82019) antara sekelompok warga Kota Malang dengan mahasiswa asal Papua, di kawasan Rajabali, Kota Malang, Jawa Timur.

Sutiaji mengatakan bahwa, berdasarkan laporan yang diterima dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Malang, para mahasiswa asal Papua tersebut tengah melakukan perjalanan dari Stadion Gajayana menuju Balai Kota Malang.

Para mahasiswa Papua yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) tersebut akan melakukan aksi damai di Balai Kota Malang, mengecam penandatanganan New York Agreement antara Pemerintah Indonesia dan Belanda pada 15 Agustus 1962.

VIRAL! Video Penampakan Dua Orang Bakar Bendera Merah Putih di Tengah Jalan

Ternyata Ada 50 Video Vina Garut, Namun Hanya Dua Video yang Diselidiki Polisi, Begini Alasannya

Kepala Suku Papua Imbau Warga Tenang dan Tak Melakukan Perusakan

"Sekitar pukul 08.55 WIB, para mahasiswa itu tiba di simpang empat Rajabali dan bertemu sekelompok warga Kota Malang. Kemudian terjadi perselisihan atau adu mulut," kata Sutiaji, di Kota Malang, Senin (19/8/2019) malam.

Sutiaji menjelaskan, akibat perselisihan tersebut terjadi keributan antara kedua kelompok yang berujung bentrokan.

Kejadian tersebut, juga membuat masyarakat yang tinggal di dekat kawasan Rajabali keluar dan menyaksikan bentrokan hingga terlibat di dalamnya.

Bentrokan antara kedua kelompok tersebut semakin memanas.

MENDADAK Situs Cek Jumlah Ganti Rugi PLN Tak Bisa Diakses

Khofifah Telepon Gubernur Papua Minta Maaf Soal Penyebab Rusuh, Ini Tujuh Fakta Kerusuhan di Papua

Manokwari Rusuh, Gubernur Papua Barat Tuntut Wakil Wali Kota Malang Minta Maaf

Puncaknya, kurang lebih pada pukul 09.20 WIB, kedua kelompok saling melempar batu, sehingga membahayakan para pengendara kendaraan bermotor yang melintas.

Halaman
12
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved