Praperadilan

Jebloskan Tokoh Pendidikan ke Penjara, Kejati DKI Jakarta Diperkarakan

Jebloskan Tokoh Pendidikan ke Penjara, Kejati DKI Jakarta Diperkarakan. Matheus Mangentang ajukan praperadilan karena dipenjara di Rutan Cipinang.

Jebloskan Tokoh Pendidikan ke Penjara, Kejati DKI Jakarta Diperkarakan
Istimewa
Suasana sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Timur. 

Wartakotalive.com - Tokoh pendidikan Matheus Mangentang tidak patah semangat untuk memperoleh keadilan.

Tidak tanggung-tanggung Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta pun diperkarakan karena menjebloskan Matheus ke Rutan Cipinang.

Kuasa Hukum Matheus, Herwanto mengatakan pihaknya telah mengajukan praperadilan terhadap Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta dan sudah disidangkan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Langkah itu diambil karena pihak Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta telah menahan Matheus. Padahal sesuai keputusan Majelis Hakim, Matheus hanya dijatuhi hukuman 7 tahun sebagai tahanan kota.

"Tidak ada perintah pengadilan untuk memenjarakan Matheus di Rumah Tahanan, Beliau dihukum tujuh tahun tahanan kota," ujarnya, Senin (19/8/2019).

Herwanto mempertanyakan landasan hukum Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta yang memenjarakan Matheus yang telah menghasilkan ribuan sarjana melalui sekolah miliknya, yakni Sekolah Tinggi Teologi STT Arastamar (Setia).

Dieksekusi Saat Sakit di Rumah Sakit

Sementara itu kuasa hukum Matheus lainnya Dwi Putra Budiyanto menilai Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta telah melanggar Hak Asasi Manusia.

Pasalnya Matheus dibawa ke penjara saat masih dalam perawatan di rumah sakit.

"Beliau (Matheus) sudah berumur 64 tahun, sudah sakit-sakitan, mana mungkin melarikan diri dari Rumah Sakit Mitra Kemayoran tempat dirinya dirawat," ujar Dwi Putra.

Halaman
12
Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Mirmo Saptono
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved