Cegah Kebocoran Pajak di Sektor Hotel-Restoran, Bapenda Tangerang Gandeng KPK Pasang Alat Penyadap

Sehingga bisa mengetahui berapa penghasilan wajib pajak tiap bulannya dan berapa pajak yang harus dibayarkan ke kas daerah,

Cegah Kebocoran Pajak di Sektor Hotel-Restoran, Bapenda Tangerang Gandeng KPK Pasang Alat Penyadap
warta kota
Sejumlah pelaku usaha bidang restoran dan hotel hadir di Aula Kecamatan Kelapa Dua, untuk mendengarkan pemaparan sosialisasi dari Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengenai pemasangan Tapping Server di mesin teller mereka, Selasa (20/8/2019). 

Untuk meningkatan pendapatan pajak daerah dari sektor hotel dan restoran, pihak Badan Pendapatan Daerah atau Bapenda bakal memasang alat penyadap transaksi atau Tapping Server terhadap wajib pajak yang tersebar di Kabupaten Tangerang.

Sebagai tahap sosialisasi, ratusan wajib pajak dari pelaku usaha yang bergerak di bidang usaha restoran dan hotel di wilayah Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, memperoleh sosialisasi pemasangan Tapping server di mesin teller mereka.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, mengatakan, pemasangan alat penyadap transaksi atau Tapping Server ini sebagai upaya meminimalisir terjadinya kebocoran pendapatan. Baik yang dilakukan oleh pelaku usaha ataupun oknum pegawainya.

“Semua dilakukan secara online sehingga tidak ada transaksi uang cash dalam pembayaran pajak hotel dan restoran ini. Jika masih ada oknum pegawai yang bermain - main dalam ranah pajak hotel restoran maka laporkan,” ujar Bupati usai menghadiri pembukaan sosialisasi di Aula Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Selasa (20/8/2019) kepada Wartakotalive.com.

Zaki mengakui jika pajak hotel restoran masih menjadi idola pemerintah daerah setelah pajak bumi dan bangunan serta pajak Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan atau BPHTB.

Sehingga jika potensi pajak restoran dan hotel dimaksimalkan akan sangat membantu pembangunan Kabupaten Tangerang.

“Semua bisa dilaporkan sendiri oleh para wajib pajak, tanpa takut adanya kecurangan. Yang jelas laporkan kalau ada oknum pegawai yang bermain api dalam pajak ini, pajak ini sangat dirasakan manfaatnya bagi pembangunan,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Bapenda Soma Atmaja menambahkan, sebagai tahap awal Tapping Server akan terpasang di 120 tenant hotel dan restoran di Kecamatan Kelapa Dua. Dan ke depannya seluruh wajib pajak akan dipasangi Tapping Server ini.

“Kami pasang alat langsung melalui servernya. Sehingga bisa mengetahui berapa penghasilan wajib pajak tiap bulannya dan berapa pajak yang harus dibayarkan ke kas daerah,” kata Soma.

Wali Kota Arief R Wismansyah Bakal Diperiksa Kemendagri Menyusul Pelesiran ke LN Diduga Tanpa Izin

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Dedy
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved