Berita Depok

Banyak Anggota DPRD Depok Bolos Saat Paripurna, Ketua BKD : Itu Bukan Sidang Keputusan

Menurut Hamzah, Sidang Paripurna merupakan kategori sidang istimewa yang sejatinya mendengarkan Pidato Presiden tanpa adanya pengambilan keputusan

Banyak Anggota DPRD Depok Bolos Saat Paripurna, Ketua BKD : Itu Bukan Sidang Keputusan
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Suasana Sidang Paripurna dalam rangka Sidang Tahunan MPR RI 2016 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2016). 

Banyak Anggota DPRD Kota Depok Bolos Saat Paripurna, Ketua BKD : Itu Bukan Sidang Keputusan, Jadi Tidak Harus Kuorum

Ketua Badan Kehormatan Dewan (BKD) Kota Depok Hamzah angkat bicara terkait bolosnya sejumlah anggota DPRD saat Sidang Paripurna dalam rangka mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden di Gedung DPRD Depok, Jumat (16/8/2019).

Menurut Hamzah, Sidang Paripurna merupakan kategori sidang istimewa yang sejatinya mendengarkan Pidato Presiden tanpa adanya pengambilan keputusan dari anggota dewan.

"Sehingga tidak harus kuorum karena tidak mengambil keputusan, berbeda bila agenda sidang untuk mengambil persetujuan seperti rapat anggaran, perubahan Undang-Undang, dan lainnya," papar Hamzah saat dihubungi Warta Kota, Depok, Selasa (20/8/2019).

DKI Pakai Aplikasi Kehadiran ASN Supaya Tidak Banyak yang Bolos Upacara Kemerdekaan

Namun demikian, Hamzah menilai memang ada dalam tata tertib yang mengatur terkait kehadiran anggota dewan dalam setiap rapat, baik Sidang Paripurna maupun agenda lainnya.

"Batasnya itu kan enam kali berturut-turut, kalau melebihi itu ya sanksinya ada 1, 2, dan 3, kalau masih mengulangi ya akan diberhentikan sementara waktu," tutur Hamzah.

Selama ini, Hamzah mengaku belum pernah ada anggota dewan yang kena skorsing akibat ulah membolosnya.

Terungkap, Ini Penyebab Ratusan PNS Pemkot Tangerang Bolos Apel Pagi

Tapi Hamzah tak menampik jika dirinya pernah mengeluarkan surat teguran kedua untuk salah seorang dewan lantaran kerap membolos saat sidang.

"Ya ada lah, datanya di kantor, saya sekarang lagi di Semarang. Tapi karena ini kan sudah memasuki masa-masa akhir jabatan, biar nanti kita fokus saja sama anggota yang baru (terpilih)," kata Hamzah.

Sebelumnya, sebanyak 20 anggota DPRD tercatat tak menghadiri Sidang Paripurna.

Dari puluhan itu, hanya lima anggota DPRD yang mengajukan surat ijin.

"Mereka yang ijin kebanyakan memang kurang sehat, tapi saya enggak bisa menjelaskan dari parpol mana saja karena datanya di kantor," ujar Hamzah.

Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved