Berita Jakarta

Wacana Kota Bekasi Jadi Jakarta Tenggara, Gubernur Anies Bilang Begini

Jadi secara prinsip Pemprov DKI harus mentaati keputusan pemerintah pusat,” katanya, Senin (19/8).

Wacana Kota Bekasi Jadi Jakarta Tenggara, Gubernur Anies Bilang Begini
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan angkat bicara perihal wacana Kota Bekasi yang ingin bergabung dengan DKI Jakarta.

Anies mengaku menghargai dan menghormati adanya aspirasi yang disampaikan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi. Namun kewenangan itu bukan berada di DKI Jakarta.

“Kita adalah sebuah negara kesatuan, pembagian wilayah adalah wewenang pemerintah pusat. Jadi secara prinsip Pemprov DKI harus mentaati keputusan pemerintah pusat,” katanya, Senin (19/8).

Anies menambahkan secara ekonomi kawasan Jakarta dan sekitarnya sudah terintegrasi. Hanya saja secara administrasi pemerintahan yang mengalami perbedaan.

“Tapi secara ekonomi Jakarta dengan Kabupaten dan Kota yang bertetangga seperti Bekasi, Tangsel, Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Depok, itu sebagai satu perekonomian relatif terintegrasi,” ucap Anies.

Lebih jauh Anies menegaskan tata pemerintahan itu adalah wewenang pemerintah pusat. Menurut Anies pihaknya hanya bisa menunggu bagaimana arah pemerintah pusat.

Lalu bagaimana sikap Anies apabila nantinya Bekasi jadi bagian dari Pemprov DKI Jakarta?

“Kalau itu keputusan pemerintah pusat ya kita jalankan. Kan keputusan lewat undang-undang, PP, kita berkewajiban melaksanakan,” kata Anies. (jhs)

Wacana Bekasi masuk ke wilayah Provinsi DKI Jakarta kian hangat mewarnai jagat media sosial maupun perbincangan umum di masyarakat.

Wancana itu mencuat ketika Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi dimintai tanggapan terkait wacana pemekaran Pemprov Jawa Barat menjadi Pemprov Bogor Raya yang disampaikan Wali Kota Bogor, Bima Arya dan Bupati Bogor, Ade Yasin beberapa waktu lalu.

Halaman
1234
Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved