KPU Kota Depok Sudah Ajukan Dana Operasional Pemilhan Wali Kota Depok 2020 Senilai Rp 64 Miliar

“tapi disisi kegiatan sosialisasi memang lebih kepada pemilih pemula karena mereka kan belum sama sekali memilih, jadi perlu diajari

KPU Kota Depok Sudah Ajukan Dana Operasional Pemilhan Wali Kota Depok 2020 Senilai Rp 64 Miliar
Warta Kota/Gopis Simatupang
Petugas KPU Depok tengah merakit kotak surat suara kardus di gudang KPU Kota Depok, Tugu, Cimanggis, Jumat (15/2/2019). 

Meski peraturan terkait tahapan dan program Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat belum turun, namun pihak KPU Kota Depok sudah mulai berbenah menghadapi Pemilihan Wali Kota Depok 2020.

Salah satu diantaranya dengan mengajukan anggaran kepada pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Tim Anggaran Pemilihan Daerah (TAPD).

“Kami sudah ajukan diangka Rp 64 miliar cuma kami belum tahu di acc nya berapa,” ujar Nana Shobarna selaku Ketua KPU Kota Depok saat ditemui Wartakotalive.com di Kantor KPU Kota Depok, Jalan Pancoran Mas, Depok, Senin (19/8/2019).

Anggaran tersebut diakui Nana berbeda dengan yang pertama kali dibuat pihak KPU Depok.

Awalnya, Nana mengajukan Rp 74 miliar, namun oleh Pemkot diminta untuk efisiensi atau menekan lagi biaya tersebut sehingga keluarlah angka Rp 64 miliar.

“Angka segitu sudah kami perhitungkan untuk semua biaya termasuk sosialisasi bagi pemilih pemula,” tutur Nana.

Dengan anggaran Rp 64 miliar, Nana mengatakan pihaknya menjamin dana tersebut akan mencukupi semua kebutuhan.

“Kecuali kalau dananya hanya disetujui Rp 1 miliar, itu berarti kurang. Ya kalau masih diangka Rp 50 miliar atau Rp 60 miliar sih cukup,” tutur Nana.

Sasar pemilih pemula

Jelang Pemilihan Wali Kota Depok 2020, pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok menyasar para pemilih pemula.

Bekerjasama dengan Kesatuan Bangsa (Kesbang), KPU Kota Depok sedianya akan mengadakan program sosialisasi di Wisma Hijau, Cimanggis, Depok, Selasa (20/8/2019).

Berkaca pada Pemilu Presiden lalu, Nana mengatakan angka pemilih pemula yang baru pertama kali memilih di Depok sebesar 24.000 lebih.

“Kalau untuk naiknya berapa persen (saat Pilwali 2019 nanti) ya kami belum tahu tapi yang pasti ada kenaikan,” kata Nana.

Pemilih pemula tak hanya mereka yang genap berusia 17 tahun melainkan juga para pensiunan TNI dan Polri yang masuk pada kategori pemilih pemula.

“Semua yang jadi pemilih itu sasaran kami, tapi disisi kegiatan sosialisasi memang lebih kepada pemilih pemula karena mereka kan belum sama sekali memilih, jadi perlu diajari,” papar Nana.

Dilanda Kekeringan, Sawah Petani di 25 Kecamatan di Kabupaten Tangerang Gagal Panen dan Jadi Tandus

Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Dedy
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved