MotoGP

Kontruksi Sirkuit Mandalika Dimulai Oktober, Musim Depan Jadwal MotoGP Mandalika Diumumkan

EVENT balapan bergengsi di dunia, MotoGP, bakal digelar di Indonesia pada musim balap MotoGP 2021. Untuk tanggal pelaksanaan baru diumumkan 2020.

Kontruksi Sirkuit Mandalika Dimulai Oktober, Musim Depan Jadwal MotoGP Mandalika Diumumkan
Biro Pers Setpres/Kris
Presiden Joko Widodo meninjau lokasi bakal sirkuit MotoGP di pinggiri Pantai Kuta di KEK Pariwisata Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Jumat (17/5/2019). Kawasan Mandalika ditetapkan sebagai KEK melalui Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2014 yang diteken Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. 

Mandalika ditunjuk untuk menjadi tuan rumah balap MotoGP selama lima tahun, mulai 2021. Tanggal balapan MotoGP Mandalika saat Indonesia tuan rumah MotoGP 2021 akan diumumkan pada Agustus 2020.

EVENT balapan bergengsi di dunia, MotoGP, bakal digelar di Indonesia pada musim balap MotoGP 2021.

Gelaran MotoGP itu bakal diselenggarakan Indonesia sebagai tuan rumah di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pembangunan Sirkuit Mandalika itu sendiri saat ini sudah sampai pada pengukuran topografi, sedang untuk konstruksi bakal dimulai Oktober 2019.

Di Sini Bakal Dibangun Arena MotoGP 2021, Inilah Mandalika yang Bikin Jokowi Terkagum

Presiden Jokowi Kunjungi Sirkuit MotoGP 2021, Sirkuit Mandalika, Diprediksi Sedot 300.000 Wisatawan.

MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika, Kemenpora Optimistis Tak Akan Gagal Lagi

FOTO udara proyek pengembangan pesisir Mandalika yang diusulkan menjadi lokasi balapan sepeda motor MotoGP dengan sirkuit jalan yang dibangun khusus di Mandalika, selatan Lombok, Sabtu (23/2/2019).
FOTO udara proyek pengembangan pesisir Mandalika yang diusulkan menjadi lokasi balapan sepeda motor MotoGP dengan sirkuit jalan yang dibangun khusus di Mandalika, selatan Lombok, Sabtu (23/2/2019). (AFP Photo/Arsyad Ali via Kompas.com)

Direktur Utama (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M Mansoer mengatakan, kepastian penyelenggaraan ajang MotoGP ini diperoleh setelah ITDC menandatangani Promoter's Agreement dengan Dorna pada 28 Januari 2019 di Madrid, Spanyol.

Ketika itu, kata Abdulbar, Mandalika ditunjuk untuk menjadi tuan rumah balap MotoGP selama lima tahun, mulai 2021.

Tanggal balapan MotoGP Mandalika saat Indonesia tuan rumah MotoGP 2021 akan diumumkan pada Agustus 2020.

"Kami sendiri menargetkan dapat melakukan uji kelayakan Sirkuit pada akhir 2020 dan dalam kesepakatan dengan Dorna pun tidak mensyaratkan uji coba Sirkuit satu tahun sebelum tanggal balapan," ujar Abdulbar dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Senin (19/8/2019).

Abdulbar menjelaskan, komitmen manajemen untuk mewujudkan MotoGP Mandalika 2021 juga didasari oleh besarnya multiplier effect yang akan dihasilkan oleh ajang itu.

Progres pembangunan KEK Mandalika, Lombok, NTB
Progres pembangunan KEK Mandalika, Lombok, NTB (screenshoot video KEK Mandalika)

Multiplier effect itu antara lain penciptaan lapangan kerja langsung bagi sekitar 7.500 orang dan memberikan tambahan investasi lokal 150 juta dollar AS.

Halaman
12
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved