Gali Ratusan Kuburan TPU Baitul Rahman Ciputat, Tim Bongkar Makam Mendadak Kesurupan dan Mengamuk

“Kami bawa tokoh-tokoh agama ke lokasi. Ada juga dari perwakilan Kementerian Agama Tangerang Selatan. Proses pembongkaran juga dilakukan secara manual

Gali Ratusan Kuburan TPU Baitul Rahman Ciputat, Tim Bongkar Makam Mendadak Kesurupan dan Mengamuk
Warta Kota
Tiga lokasi Tempat Pemakaman Umum (TPU), salah satunya TPU Baitul Rahman, Ciputat, Kota Tangsel, dibebaskan untuk proyek jalan tol Serpong-Cinere, Senin (19/8/2019) 

Pembongkaran ratusan makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Baitul Rahman, Ciputat, Tangerang Selatan, yang terimbas pembangunan Jalan Tol Serpong-Cinere, bikin heboh warga sekitar, Senin (19/8/2019).

Sebab, sejumlah orang tergabung dalam tim pembongkaran makam bentukan Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), mendadak kesurupan.

“Memang ada warga yang kesurupan saat makam-makam itu kami bongkar,” ujar Puji Laksono, Staf Kementerian PUPR selaku penanggungjawab pembongkaran makam kepada Wartakotalive.com, Senin (19/8/2019).

Sontak peristiwa tersebut menggegerkan masyarakat yang tinggal di sekitar area TPU. Mengetahui kejadian itu, warga sekitar sempat memberikan pertolongan.

“Tim kami yang kesurupan itu mendadak ngamuk. Langsung diobati, kata warga di situ kerasukan hantu makam tersebut,” ucapnya.

Pasca kejadian itu, kata Puji, pihaknya akan mengevaluasi proses pembongkaran ratusan makam itu. Agar kejadian tersebut tak terulang kembali.

“Kami bawa tokoh-tokoh agama ke lokasi. Ada juga dari perwakilan Kementerian Agama Tangerang Selatan. Proses pembongkaran juga dilakukan secara manual menggunakan cangkul, tidak pakai alat berat. Dalam pembongkaran ini tidak ada warga yang melakukan penolakan dan tidak dibayarkan ganti rugi,” kata Puji.

Informasi yang dihimpun Warta Kota, ada tiga lokasi tempat pemakaman umum (TPU) yang dibebaskan lahannya.

Selain di TPU Baitul Rahman di Jalan RE Martadinata, Ciputat, dua lokasi TPU lainnya yang juga terkena imbas proyek tol yakni di Pamulang dan Bambu Apus.

Makam yang paling banyak dibongkar berada di TPU Baitul Rahman, berjumlah 239 makam.

Halaman
12
Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Dedy
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved