Dilanda Kekeringan, Sawah Petani di 25 Kecamatan di Kabupaten Tangerang Gagal Panen dan Jadi Tandus

Terdiri dari 660 hektar kekeringan ringan, 411 hektar kekeringan sedang, 288 hektar kekeringan berat dan 201 hektar gagal panen.

Dilanda Kekeringan, Sawah Petani di 25 Kecamatan di Kabupaten Tangerang Gagal Panen dan Jadi Tandus
Warta Kota/Andika Panduwinata
Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang Azis Gunawan (kanan) memberikan bantuan pompa air kepada petani. Proses bantuan pompa air itu diberikan di wilayah Mauk, Kabupaten Tangerang, Senin (19/8/2019). 

Sebanyak 25 wilayah kecamatan di Kabupaten Tangerang dilanda kekeringan. Tak ayal, seluas 1.560 hektar sawah pun gagal panen dan tanahnya menjadi tandus.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (PKP) Kabupaten Tangerang Azis Gunawan, menjelaskan, warga sangat kesulitan karena dampak kekeringan, terutama area perkebunan dan persawahan.

Berdasarkan data yang dihimpun pihak Dinas PKP Kabupaten Tangerang, luas pertanaman padi sawah yang terdampak kekeringan hingga Senin (19/8/2019) mencapai 1.560 hektar sawah.

Terdiri dari 660 hektar kekeringan ringan, 411 hektar kekeringan sedang, 288 hektar kekeringan berat dan 201 hektar gagal panen.

Luas yang terdampak bertambah sebesar 115 hektar dari minggu sebelumnya.

“Kami telah melakukan berbagai macam cara untuk meminimalisir dampak kekeringan di Kabupaten Tangerang khususnya area persawahan. Kami melakukan koordinasi dengan instansi terkait,” ujar Azis kepada Wartakotalive.com.

Azis mengungkapkan pihaknya telah melakukan berbagai macam upaya.

Seperti mengidentifikasi kantung-kantung air dan mengalirkannya ke lokasi pertanaman, membagikan 43 unit pompa air, memanfaatkan alat yang ada di Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA), membantu pembuatan sumur pantek serta melakukan koordinasi dengan Pemprov Banten untuk mengupayakan pinjaman pompa air.

Ada pun Kecamatan yang terdampak kekeringan tersebar di 25 Kecamatan.

Di antaranya Cisoka, Solear, Tigaraksa, Jambe, Cikupa, Panongan, Curug, Legok, Pagedangan, Cisauk, Pasar Kemis,.

Kemudian Sindang Jaya, Balaraja, Jayanti, Sukamulya, Kresek, Gunung Kaler, Kronjo, Mekar baru, Mauk, Kemiri, Rajeg, Sepatan, Pakuhaji, Teluknaga dan Kosambi.

Selalu Berpindah-pindah Tempat Sembunyi, Kawanan Polisi Dibuat Kecele Oleh Pelaku Peremas Payudara

Gali Ratusan Kuburan TPU Baitul Rahman Ciputat, Tim Bongkar Makam Mendadak Kesurupan dan Mengamuk

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Dedy
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved