Aksi OPM

Dua TNI Jadi Korban Penembakan KKB Papua, Egianus Kagoya: Kenapa Pemerintah Anggap Kami Tak Dikenal?

Kelompok Egianus Kogoya itu menghadang dua kendaraan TNI yang sedang konvoi mengangkut logistik Satgas Pamrahwan.

Dua TNI Jadi Korban Penembakan KKB Papua, Egianus Kagoya: Kenapa Pemerintah Anggap Kami Tak Dikenal?
Facebook TPNPB
Pimpinan KKB Egianus Kogoya pamer amunisi. 

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua bikin ulah lagi dengan menembak dua anggota  TNI  saat  melintas di Kabupaten Jayawijaya, Jumat (16/8/2019) pukul 15.30 WIT..

Dikutip dari Kompas.com, Kapendam XVII Cendrawasih Letkol CPl Eko Daryanto, menyebut penghadangan dan penembakan anggota TNI di Jalan Trans Papua, Wamena-Habema, kabupaten Jayawijaya, dilakukan oleh kelompok separatis bersenjata wilayah Kabupaten Nduga yang dipimpin Egianus Kogoya.

Kelompok Egianus Kogoya itu menghadang dua kendaraan TNI yang sedang konvoi mengangkut logistik Satgas Pamrahwan.

"Jadi, pukul 15.30 WIT, dua unit kendaraan jenis Hilux yang baru selesai mengantar perbekalan bagi personel Pos Pamrahwan TNI yang berada di Mbua, mendapat tembakan sporadis dari kelompok separatis bersenjata, yang diduga pimpinan Egianus Kogoya di sekitar kilometer 39 Jalan Trans Wamena-Habema," kata Eko.

Lagi, PRAJURIT TNI Disergap Kelompok KKB di Papua di Kabupaten Jayawijaya Saat Kirim Logistik

Menurut laporan yang diterima, lanjut Eko, tembakan berasal dari dua arah yaitu ketinggian dan lembah yang berada di kanan dan kiri jalan.

"Dalam posisi terjepit, sejumlah 12 personel TNI yang bertugas mengawal konvoi segera turun meninggalkan  kendaraan dan bereaksi dengan membalas tembakan," kata Eko.

"Kontak tembak berlangsung selama kurang lebih 20 menit. Tembakan balasan dari para personel TNI membuat kelompok tersebut melarikan diri," tambahnya.

56 Jendral Dimutasi, Mayjen TNI Yosua Sembiring Ditarik dari Papua, Suami Bella Saphira Siap Pensiun

Setelah medan berhasil dikuasai, kata Eko, 2 prajurit TNI dilaporkan menderita luka tembak yaitu Pratu Panji tertembak pada bagian lengan kiri dan Pratu Sirwandi tertembak pada paha kiri.

"Saat ini, keduanya telah dievakuasi dan mendapat perawatan medis di RSUD Wamena. Kedua prajurit berasal dari Satuan Yonif 751/VJS," ujar Eko.

Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol CPL Eko Daryanto.
Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol CPL Eko Daryanto. (KOMPAS.com/DHIAS SUWANDI)

Pangdam XVII Cendrawasih Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring telah memerintahkan seluruh personel pos-pos Satgas Pamrahwan meningkatkan kesiapsiagaan dan mengawasi jalan-jalan maupun medan-medan yang kemungkinan dijadikan sebagai pelarian KKB tersebut.

Halaman
1234
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: GridHot.id
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved