Penipuan

Pahami Penipuan dengan Modus Sebar Cek Palsu, Begini Cara Kerja Mereka

Pahami Penipuan dengan Modus Sebar Cek Palsu, Begini Cara Kerja Mereka. Mereka menaruh nomor ponsel agar korban menghubungi dan menjanjikan imbalan

Pahami Penipuan dengan Modus Sebar Cek Palsu, Begini Cara Kerja Mereka
istimewa
Ilustrasi penipuan. Pahami Penipuan dengan Modus Sebar Cek Palsu, Begini Cara Kerja Mereka 

Pahami Peniupuan dengan Modus Sebar Cek Palsu, Begini Cara Kerja Mereka. Mereka menaruh nomor ponsel agar korban menghubungi dan menjanjikan imbalan

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA --- Subdit Resmob Polda Metro Jaya membekuk dua pelaku penipuan dengan modus menyebar amplop berisi cek palsu senilai Rp 4,7 Miliar.

Dua pelaku yang dibekuk adalah Yusman (45) alias YY dan Wawan (39) alias WW. Keduanya dibekuk di Tajur Halang Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada 8 Agustus 2019 lalu.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan kedua pelaku membuat dokumen cek palsu dan SIUP atas nama PT Samudera Borneo yang juga fiktif atau palsu dan diperbanyak.

"Kemudian dengan motor mereka menyebarkannya ke perkampungan di kawasan Jakarta Timur, Bekasi, dan Bogor, terutama di depan warung atau tempat usaha," kata Argo di Mapolda Metro Jaya, Kamis (15/8/2019).

Dengan harapan, kata Argo, orang yang menemukannya akan diperdayai pelaku.

"Sebab di dalam dokumen itu ada nomor telepon pelaku. Di sana disebutkan pelaku adalah pimpinan perusahaan," kata Argo.

Saat penemu cek palsu menghubungi pelaku, kata Argo, pelaku yang mengaku direktur perusahaan akan berterimakasih ke korban.

"Pelaku lalu menjanjikan akan memberikan upah ratusan juta dari nilai cek senilai Rp 4,7 miliar di dokumen yang ditemukan korban," kata Argo.

Namun, katanya, pelaku meminta korban mengirim uang sekitar Rp 4 Juta sampai Rp 6 Juta ke korban dengan dalih agar cek yang dimaksud bisa cair.

Halaman
12
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Mirmo Saptono
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved