Berita Video

VIDEO: Taman Makam Pahlawan di Tangsel Dipercantik Jelang HUT Kemerdekaan

Orang nomor satu di Tangsel itu nantinya menggelar upacara di Taman Makam Pahlawan Seribu, Jalan Raya Serpong, Kademangan,

VIDEO: Taman Makam Pahlawan di Tangsel Dipercantik Jelang HUT Kemerdekaan
Warta Kota
Taman Makam Pahlawan Seribu, Tangerang 

Hanya tinggal menghitung beberapa hari lagi bangsa Indonesia merayakan HUT kemerdekaan yang ke- 74. Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany pun setiap tahunnya melakukan prosesi upacara di hari kemerdekaan ini. 

Orang nomor satu di Tangsel itu nantinya menggelar upacara di Taman Makam Pahlawan Seribu, Jalan Raya Serpong, Kademangan, Kecamatan Setu, Tangerang Selatan. Airin melakukan prosesi tabur bunga bersama pegawai Pemkot lainnya.

"Besok malam upacaranya ibu Wali Kota Airin dan pegawai Pemkot Tangsel di sini," ujar Ilham satu dari penjaga Taman Makam Pahlawan Seribu, Tangerang Selatan saat dijumpai Warta Kota di lokasi, Kamis (15/8/2019).

Sejumlah persiapan pun mulai dilakukan. Mulai dari bersih - bersih halaman, pengecatan dan penyediaan obor serta lilin. 

VIDEO: Pecahkan Rekor Muri, 1.500 Warga Binaan dan Petugas Lapas Kelas 1 Tangerang Menari Bersama

"Ini lagi pengecatan papan makam. Ada sekitar 240 unit makam di sini," ucapnya. 

Ilham menjelaskan lokasi ini dinamai Taman Makam Pahlawan Seribu sebab saat itu terjadi pertempuran dengan penjajah Belanda di daerah Serpong, Tangerang Selatan. Sejumlah korban yang gugur pun dimakamkan massal di tempat ini. 

VIDEO: Umar Kei Minta Maaf dan Menyesal Gunakan Sabu

"Dinamakan seribu, karena yang nyerang hampir seribu orang. Ini dari sipil semua, kebanyakan dari asal Rangkas Bitung. Dikuburkan massal, satu lubang bisa sampai 50 orang," kata Ilham. (dik)

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved