Berita Video

VIDEO: Polisi Tangkap Penipu Modus Sebar Cek Palsu

kedua pelaku membuat dokumen cek palsu dan SIUP atas nama PT Samudera Borneo yang juga fiktif atau palsu dan diperbanyak.

VIDEO: Polisi Tangkap Penipu Modus Sebar Cek Palsu
Warta Kota
Rilis Pelaku Penipuan cek palsu 

Subdit Resmob Polda Metro Jaya membekuk dua pelaku penipuan dengan modus menyebar amplop berisi cek palsu senilai Rp 4,7 Miliar.

Dua pelaku yang dibekuk adalah Yusman (45) alias YY dan Wawan (39) alias WW. Keduanya dibekuk di Tajur Halang Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada 8 Agustus 2019 lalu.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan kedua pelaku membuat dokumen cek palsu dan SIUP atas nama PT Samudera Borneo yang juga fiktif atau palsu dan diperbanyak.

"Kemudian dengan motor mereka menyebarkannya ke perkampungan di kawasan Jakarta Timur, Bekasi dan Bogor, terutama di depan warung atau tempat usaha," kata Argo di Mapolda Metro Jaya, Kamis (15/8/2019).

Dengan harapan kata Argo orang yang menemukannya akan diperdayai pelaku. "Sebab di dalam dokumen itu ada nomor telepon pelaku. Di sana disebutkan pelaku adalah pimpinan perusahaan," kata Argo.

Saat penemu cek palsu menghubungi pelaku, kata Argo pelaku yang mengaku direktur perusahaan akan berterimakasih ke korban. "Pelaku lalu menjanjikan akan memberikan upah ratusan juta dari nilai cek senilai Rp 4,7 miliar di dokumen yang ditemukan korban," kata Argo.

Namun katanya pelaku meminta korban mengirim uang sekitar Rp 4 Juta sampai Rp 6 Juta ke korban dengan dalih agar cek yang dimaksud bisa cair.

VIDEO: Bermodus Jastip, Paket Sabu Diselundupkan Lewat Barang Mewah

"Karena dijanjikan sebagian nilai dari cek akan diberikan ke korban, beberapa korban terperdaya dan mengirim uang ke pelaku," katanya.

Menurut Argo pelaku sudah beraksi sejak Februari 2019 dan sudah ada 12 orang yang menjadi korbannya. "Dari 12 korban itu pelaku meraup uang Rp 45 Juta," kata Argo.

Aksi terakhir pelaku kata Argo menyasar korban warga Cakung, Jakarta Timur pada 24 Juli 2019 lalu.

VIDEO: Dua Penipu Jual Beli Mobil Mewah Dibekuk Polisi, Korban Dibikin Tidur

"Lalu korban membuat laporan polisi dan tim berhasil membekuk kedua pelaku di Tajur Halang, Bogor," kata Argo.

Dalam kasus ini kata Argo pihaknya masih memburu satu pelaku lainnya yakni E yang berperan membuat format amplop dan cek palsu.

Karena perbuatannya tambah dia kedua pelaku akan dijerat Pasal 378 KUHP tentang penipuan dan atau Pasal 4 dan Pasal 5 Juncto pasal 2 Ayat (1)
huruf r atau z UU RI Nomor 8 Tahun 2010 tentang tindak
pidana pencucian uang (TPPU).

"Yang ancaman hukumannya hingga 20 tahun penjara," kata Argo.(bum)

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved