Berita Video

VIDEO: Area Pejalan Kaki ke MRT Lebakbulus Bau Pesing, Damkar Turun Tangan

"Mereka buang air kecil sembarangan, karena itu di sepanjang trotoar menuju MRT ini bau pesing

VIDEO: Area Pejalan Kaki ke MRT Lebakbulus Bau Pesing, Damkar Turun Tangan
istimewa
Penyemprotan Bau pesing di sekitar MRT Lebak Bulus 

Bau pesing dan joroknya jalur pedesterian di Jalan Pasar Jumat Raya, tepatnya mulai dari area Park and Ride Mass Rapid Transit (MRT) hingga Stasiun MRT Lebak Bulus, direspon jajaran Suku Dinas (Sudin) Perhubungan Jakarta Selatan. Seluruh area dibersihkan dengan cara disemprot menggunakan armada pemadam kebakaran (Damkar) hingga bersih.

Penyemprotan yang dilakukan bersama Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta Selatan itu diungkapkan Kepala Sudin Perhubungan Jakarta Selatan, Christianto bermula dari keluhan para pejalan kaki yang mengeluhkan bau pesing di sepanjang lintasan.

Asal mula bau pesing diungkapkannya berasal dari perilaku buruk para pengemudi angkutan umum maupun ojek online yang kerap kali mangkal di lokasi. Mereka menjadikan tembok yang memanjang sepanjang sekira 100 meter itu sebagai toilet dadakan.

"Mereka buang air kecil sembarangan, karena itu di sepanjang trotoar menuju MRT ini bau pesing. Baunya jelas mengganggu pejalan kaki yang melintas, karena itu kami bersih-bersih trotoar saat ini," ungkapnya kepada wartawan di lokasi pada Kamis (15/8/2019).

Guna mengantisipasi tidak kembali terulangnya aksi buang air kecil sembarangan, pihaknya menyiagakan petugas untuk menghalau angkutan umum yang mangkal sembarangan. Pengawasan pun akan difokuskan di sepanjang lintasan, khususnya pada malam hari.

"Malam hari itu yang harus diantisipasi ketika petugas kita lengah," jelasnya.

Bukan Solusi

Bau pesing yang menyengat diakui sejumlah pengguna MRT sering kali tercium, khususnya pada siang hari. Panas matahari menyebabkan kencing menguap dan tertiup hingga memicu bau tidak sedap di seputar kawasan percontohan tersebut.

VIDEO: Benyamin Davnie Mengaku Dapat Restu Airin Maju Pilkada Tangsel 2020

"Emang bau kalau lewat sini, bukan cuma di sini, di parkiran (MRT) juga. Persoalannya bukan disemprot, tapi disediain toilet, jadi kalau ada orang yang mau kencing bukan ditembok lagi," ungkap Robin (47) warga Lebak Bulus di lokasi.

Oleh karena itu, dirinya berharap kepada pihak PT MRT Jakarta dapat menyediakan fasilitas umum, seperti toilet di luar kawasan MRT. Sehingga masalah serupa tidak terulang kembali.

VIDEO: Aliando, Adipati, dan Randy Ketolong Tempe Orek di Maroko

"Seharusnya dibuat itu toilet, jangan di dalem saja, tapi di luarnya juga. Karena memang sopir, ojek-ojek online atau orang yang lewat bingung kalau mau buang air, sementara nggak ada toilet yang dekat," jelasnya.

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved