Breaking News:

Layanan Kependudukan

Yakinkan Anak Miliki KIA, Pemkot Jaksel Gelar Biduk di Sekolah

Yakinkan Anak Miliki KIA, Pemkot Jaksel Gelar Biduk di Sekolah. Operasi Biduk juga untuk Layanan Kependudukan Lainnya.

Penulis: | Editor:
Warta Kota/Dwi Rizki
Suasana Bina Kependudukan (Biduk) yang digelar Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jakarta Selatan menggelar di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 05 Pela Mampang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan pada Rabu (14/8/2019). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA --- Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jakarta Selatan menggelar operasi Bina Kependudukan (Biduk) di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 05 Pela Mampang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan pada Rabu (14/8/2019).

Berbeda dengan operasi biduk yang sebelumnya menyasar penghuni gelap Ibu Kota, biduk putaran ke enam itu diungkapkan Kepala Sudin Dukcapil Jakarta Selatan, Abdul Haris memfokuskan pada pelayanan kependudukan.

Pelayanan tersebut meliputi pembuatan Surat Keterangan Domisili Sementara (SKDS) bagi warga pendatang, Kartu Identitas Anak (KIA),  Akta Kelahiran, Kematian, serta perekaman e-KTP.

"Layanan ini dikhususkan kepada masyarakat untuk pembuatan KIA, karena KIA menjadi salah satu syarat anak dapat masuk sekolah. Lewat layanan jemput bola ini, masyarakat dapat merasakan kenyamanan dan yakin bahwa pelayanan dukcapil tidak sulit dan gratis," ungkapnya ditemui di lokasi pada Rabu (14/8/2019).

Layanan jemput bola yang digelar khusus bagi warga di seputaran Jalan Pondok Jaya VI/1 RT 06/06 Pela Mampang terbukti ampuh, ratusan warga mendatangi posko biduk untuk mengurus sejumlah berkas kependudukan.

Tercatat, ada sebanyak 646 layanan kependudukan yang dilayani selama lima jam pelayanan, antara lain penyerahan KIA sebanyak 199 buah dengan jumlah permohonan sebanyak 107 buah, penyerahan Akte Kelahiran sebanyak 19 buah dengan permohonan sebanyak 31 buah serta penyerahan Akte Kematian sebanyak empat buah.

Selain itu, pihaknya menyerahkan Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) sebanyak 16 buah dengan total perekaman KTP-el sebanyak tiga orang. Sedangkan penyerahan SKDS sebanyak 214 orang dan konsultasi sebanyak 53 orang.

"Ini pelayanan biduk yang ke enam dan masih ada empat putaran lagi. Kita berharap dengan layanan ini hak kependudukan masyarakat dapat terpenuhi," jelasnya.

Ditemui bersamaan, Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji mendukung pelaksanaan biduk keliling tersebut.

Menurutnya, kemudahan yang diberikan menjadi bukti dukungan pemerintah dalam pemenuhan setiap kebutuhan masyarakat, khususnya kependudukan.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved